Ulasan iTop VPN (2024): Satu Tahun VPN Gratis, Tapi Apa Bagus?

iTop VPN diluncurkan pada tahun 2016 silam dan telah berhasil menarik lebih dari 10 juta pengguna sampai saat ini. Layanannya (secara agresif) dipasarkan sebagai salah satu “VPN gratis terbaik yang ada,” klaim yang tentunya berhasil menarik perhatian kami.

Mempertimbangkan hal tersebut, kami memutuskan untuk menguji iTop VPN secara menyeluruh dan melihat apa yang ditawarkan oleh VPN tingkat menengah ini. Cek hasil tes lengkap kami dan pendapat kami tentang layanan ini dalam ulasan iTop VPN kami selengkapnya di bawah ini.


iTop VPN: Ulasan Singkat

6.4

Pro

  • Enkripsi 256-bit
  • Kebijakan no log yang solid
  • Tombol mati daya otomatis
  • Aplikasi yang ramah bagi pemula
  • Pemasangannya mudah
  • Split tunneling
  • Punya pemblokir iklan
  • Versi gratis yang terbatas
  • Garansi uang kembali 30 hari
  • Jaringan server yang bagus
  • Bekerja dengan Netflix dan platform streaming lainnya
  • Torrenting diizinkan

Kontra

  • Kecepatannya berbeda-beda
  • Kebocoran DNS
  • Daftar protokol VPN mereka tidak jelas
  • Pop-up yang mengganggu di situs
  • Program langganan yang paling pendek adalah satu tahun
  • Tidak ada live chat

iTop sudah ada di pasar VPN sejak tahun 2016. Layanan ini merupakan VPN tingkat menengah yang solid dengan beberapa kekurangan utama. Pemasangan keamanannya mungkin terlihat cukup solid dengan kebijakan no log yang bagus untuk mendukungnya. Layanan ini juga menawarkan beberapa fitur keamanan tambahan dan pemblokir iklan tersendiri.

iTop VPN punya 1.800+ server di seluruh dunia, yang cukup untuk menjamin performa yang layak dan minim lag. Namun, layanan ini bekerja jauh lebih baik dengan server yang dekat. Mereka bisa membuka blokir layanan streaming yang dibatasi secara geografis seperti Netflix dan Hulu dan punya server yang dioptimalkan untuk torrenting.

Di sisi lain, kami mengalami kebocoran DNS, kami tidak suka akan pendekatan mereka yang tidak jelas dalam urusan protokol VPN, dan skema penetapan harga mereka perlu ditingkatkan. Layanan ini juga tidak punya live chat, hal yang sebenarnya penting untuk layanan pelanggan yang cepat.

Mengingat hal-hal tersebut, apakah kami menyarankan untuk menggunakan iTop VPN? Lanjut baca untuk tahu jawabannya.

Spesifikasi iTop VPN
💵 Harga Mulai dari $0,83 per bulan
📱 Sistem operasi Android, Mac, Windows, iOS
💻 Koneksi 5
💳 Metode pembayara Lain, Kartu kredit, PayPal
🔒 Protokol
📥 Opsi torrent Torrenting diizinkan
📅 Jaminan uang kembali Garansi uang kembali
📋 Log
🎬 Bekerja dengan Bekerja dengan Netflix Bekerja dengan Disney+ Bekerja dengan Gaming

Kecepatan – Seberapa Cepat iTop VPN?

Score scale 6.5/10

iTop VPN tidak secepat beberapa VPN terbaik pilihan kami. Meskipun kecepatannya tidak buruk (pada sebagian besar kasus), kecepatannya tetap bisa berpengaruh terhadap aktivitas browsing anonim Anda. Ini alasan kami memberikannya nilai 6,5 dari 10 untuk aspek performa.

Berikut poin-poin utama yang perlu diingat:

  • iTop VPN menawarkan kecepatan yang tidak merata, tergantung pada servernya.
  • Kami mengalami beberapa lag pada server-server yang jauh.

Hasil tes kecepatan iTop VPN

Untuk ulasan iTop VPN ini, kami menguji aplikasi Windows mereka dari Belanda dan Serbia. Kami mulai dengan mengukur kecepatan kami tanpa VPN dan membandingkannya dengan hasil yang kami dapat pada beragam server.

Berdasarkan lokasi fisik Anda dan kualitas koneksi, Anda mungkin akan mendapat hasil yang sepenuhnya berbeda. Maka, hasil pada tabel di bawah sebaiknya hanya dilihat sebagai indikator potensi performa layanan.

Berikut hasil asli dari tes kecepatan iTop VPN kami:

ServerDownload (Mbps)Upload (Mbps)Ping (MS)
Tidak menggunakan VPN94,594,85
Server tercepat (Frankfurt)54,1792,5712
Belanda (Amsterdam)70,8792,715
Jerman (Frankfurt)62,1893,0911
Inggris (London)71,892,912
Amerika Serikat (New York)50,6493,0387
Amerika Serikat (Los Angeles)60,8993,21142
Kanada (Montreal)799397
Brazil (Sao Paulo)30,293,21195
Afrika Selatan70,2192,0311
Jepang (Tokyo)52,2793,03237
Australia (Sydney)46,4393272

*Kami menggunakan koneksi UDP selama tes kecepatan kami karena ini opsi tercepat yang ditawarkan iTop VPN.

iTop tentunya bukan VPN tercepat di luar sana, tapi paling tidak mereka bukan yang paling lambat juga. Hasil kecepatannya beragam, mulai dari bagus sampai dengan hampir tidak bisa diterima.

Kami cukup kecewa dengan alat pemilih server otomatis mereka karena gagal dalam melakukan tugasnya. Contohnya, alat itu menghubungkan kami ke server Jerman padahal lokasi Belanda jelas merupakan pilihan yang lebih baik.

Saat kami menguji server Afrika Selatan, kami diberikan IP di Inggris menurut alat pemeriksa IP kami. Ini kelalaian yang kami harap dapat dibenahi ke depannya.

Meskipun begitu, kecepatan upload cukup memukau. Hal ini menjadikan iTop VPN alat yang bagus untuk video conferencing dan streaming konten yang aman di Twitch.

Hasil ping mereka bisa diterima, kecuali di Brazil, Jepang, dan Australia. Maka, jika Anda akan menggunakan iTop sebagai VPN gaming, kami sarankan untuk menggunakan server yang dekat. Selain itu, Anda bisa beralih memilih Surfshark, yang menawarkan kecepatan yang lebih baik dan latency yang lebih rendah pada server jauh.

Perlu waktu sekitar 14 detik sampai dengan lebih dari satu menit untuk bisa terhubung, ini tidak ideal. Oleh karena kami harus menunggu lebih lama, terutama di server yang jauh, saran kami sebelumnya juga berlaku di sini. Gunakan server yang dekat untuk menghindari penurunan kecepatan dan durasi yang lama untuk bisa mendapat koneksi.

Kecepatan selama penggunaan harian

Kecepatan iTop VPN bergantung pada server yang Anda gunakan. Pada lokasi yang dekat, tidak ada masalah saat streaming tayangan di Netflix dan banyak video YouTube. Aktivitas browsing biasa juga tidak menjadi masalah bahkan di server yang jauh.

Selama aktivitas gaming saat menguji iTop VPN, kami main Minecraft dan MTG Arena. Tidak menyenangkan main Minecraft dengan server jauh yang punya jarak rendering yang banyak. Terakhir, kami juga menguji iTop VPN dengan torrent, dan hasilnya juga sama.

Maka, Anda seharusnya tidak mendapat masalah dengan performa iTop VPN asalkan memilih server yang lebih dekat dengan Anda. Jika Anda memilih yang terlalu jauh, Anda akan merasakan latency yang rendah dan penurunan kecepatan yang signifikan.


Keamanan – Seberapa Aman iTop VPN?

Score showing 5 out of 10 on the scale

VPN yang bagus harus membuat browsing Anda anonim dan sepenuhnya menjaga keamanan data Anda. Hal ini dilakukan dengan enkripsi yang solid, penyembunyian IP, dan praktik logging yang ketat. Maka, iTop VPN mendapat nilai 5 dari 10 untuk aspek keamanan.

Berikut hal-hal yang disediakan oleh iTop VPN:

  • iTop VPN tidak jelas soal protokol VPN mereka.
  • Layanannya mengenkripsi data Anda dengan cipher 256-bit.
  • Layanannya punya kebijakan no log yang bagus.
  • Layanannya punya tombol mati daya otomatis.
  • Sayangnya, iTop VPN membocorkan data Anda.
  • Proses pendaftarannya membutuhkan alamat email Anda dan metode pembayaran pilihan.

Protokol

Client iTop VPN membingungkan untuk aspek pengaturan keamanan. Opsi protokol VPN mereka hanya TCP, UDP, dan HTTPS.

Kami menghubungi layanan pelanggan mereka, dan jawabannya tidak membantu. Maka, kami akan berasumsi bahwa mereka menggunakan OpenVPN (TCP/UDP), yang didukung dengan klaim mereka tentang “enkripsi tingkat militer.” Namun, kami tidak bisa memastikan hal ini karena kami tidak mendapat konfirmasi resmi apa pun dari tim mereka.

TCP tidak menyerah melawan firewall dan pemblokir VPN lainnya. UDP, di sisi lain, jauh lebih cepat tapi mudah terblokir. Kami juga perlu menginformasikan bahwa tidak ada WireGuard dan IKEv2, yang didukung oleh sebagian besar VPN modern.

Kami juga ingin tahu bagaimana cara iTop VPN menggunakan HTTPS untuk enkripsi ganda. HTTPS bukan protokol enkripsi, dan penerapan mereka sebagai keamanan tambahan seharusnya dijelaskan.

Screenshot of iTop VPN, protocols

Seperti yang kami sebutkan, perusahaan mereka mengklaim adanya penggunaan “enkripsi tingkat militer,” yang membuat kami berpikir bahwa yang mereka maksud adalah AES-256. Sayangnya, kami tidak bisa mengkonfirmasi hal ini. Tim bantuan mereka hanya menyatakan bahwa enkripsi mereka adalah “enkripsi yang terbaik di pasar” tanpa menjelaskan lebih dalam.

Maka, kami tidak terlalu yakin tentang protokol mereka, hal ini menjadi kekurangan besar bagi mereka. Informasi ini penting untuk layanan VPN mana pun, dan seharusnya tidak sesulit ini untuk mendapatkannya.

Logging dan privasi

iTop VPN adalah layanan yang berbasis di Hong Kong, ini bukan hal yang bagus saat ini. Hong Kong berada di bawah tekanan Cina, yang artinya wilayah ini bukan surga VPN seperti sebelumnya.

Selain itu, perusahaannya menerapkan legislasi Amerika Serikat untuk client-nya yang berbasis di AS. Ini berbahaya karena AS adalah anggota aliansi 5 Mata. Satu-satunya cara iTop VPN dapat menjaga keamanan penggunanya adalah dengan mengadopsi kebijakan no log yang ketat.

Untungnya, hal serupa yang dilakukan mereka. Meskipun bukan sepenuhnya VPN zero log, tapi iTop berhasil menghindari praktik logging yang berbahaya. Kebijakan privasi resmi mereka menyatakan:

Kami tidak mencatat aktivitas Anda selama Anda menggunakan Layanan ini, termasuk alamat IP asli, riwayat browsing, tujuan traffic, permintaan DNS, atau data yang Anda kirim.

Meskipun begitu, iTop VPN akan mencatat informasi berikut ini:

  • Data layanan: Nama, alamat email, referensi pembelian, cara Anda menggunakan layanannya, informasi perangkat, versi OS, crash log, dll.
  • Cookies: Anda selalu bisa memblokir ini di browser Anda.
  • Alat lain: Google Analytics, pemroses pembayaran lain, cookie media sosial saat Anda membagikan produk iTop di jejaring sosial

Data di atas tidak bisa digunakan untuk mengenali Anda, merencanakan serangan peretasan terhadap Anda, atau melacak traffic Anda ke diri Anda.

Namun, kami ingin melihat lebih banyak informasi tentang crash log yang disebutkan dalam kebijakan privasi mereka. Log tersebut bisa berisi informasi yang sensitif, dan iTop harus meyakinkan kami bahwa itu tidak terjadi.

Tombol mati daya

Tombol mati daya adalah fungsi yang memutus semua akses internet jika VPN Anda mengalami malfungsi. iTop VPN punya tombol mati daya otomatis yang akan aktif saat Anda kehilangan koneksi VPN.

Screenshot of iTop VPN, kill switch

Situs resmi iTop mengklaim bahwa tombol mati daya diaktifkan secara otomatis, tapi ini tidak benar. Maka, Anda perlu mengaktifkannya secara manual dengan menekan menu “Privacy Protection” pada client dan menghidupkannya di bawah pengaturan “Advanced VPN”.

Perlindungan DNS

Alat ini mencegah malware yang ingin mengubah pengaturan DNS sistem Anda. Alatnya memiliki banyak opsi, termasuk kemampuan untuk mengisi alamat server DNS Anda sendiri.

Screenshot of iTop VPN, DNS protection

Ini fitur bagus yang diaktifkan secara otomatis, dan kami sarankan untuk membiarkannya menyala. Fitur ini juga tersedia bagi pengguna gratis, ini nilai plus bagi mereka.

Security reinforce

Fitur ini memindai komputer Anda dan menunjukkan aspek-aspek keamanan yang dapat ditingkatkan. Peran utamanya adalah untuk mengurangi kemungkinan adanya serangan peretasan yang berhasil.

Screenshot of iTop VPN, security reinforce

Ini fitur yang bagus bagi pemula, tapi kami yakin bahwa pengguna yang berpengalaman tidak akan menemukan banyak manfaat dari rekomendasi ini.

Kami juga tidak suka dengan aktivitas aplikasi VPN ini yang memindai seluruh perangkat Anda. Tidak ada alasan untuk tidak mempercayai kebijakan privasi iTop, tapi alat ini menempatkannya pada posisi yang bagus untuk mencatat informasi-informasi sensitif.

Browser privacy

Alat ini adalah pembersih browser sederhana yang mampu meningkatkan privasi Anda dengan menghapus riwayat browsing Anda. Fitur sederhana ini bekerja sesuai tujuannya.

Screenshot of iTop VPN, browser privacy

Jika Anda seorang pengguna berbayar, Anda juga mengaktifkan opsi auto-clean, yang sebenarnya bukan kelebihan yang signifikan dan tentunya bukan alasan yang kuat untuk upgrade ke iTop VPN premium.

Apakah iTop VPN membocorkan data Anda?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kami menguji iTop VPN dari Serbia dan Belanda. Sayangnya, iTop VPN apk ini membocorkan permintaan DNS kami, hal ini tidak terduga datang dari VPN yang sangat menegaskan pentingnya keamanan.

Screenshot of iTop VPN, DNS leaks

Seperti yang bisa Anda lihat dari laporan ipleak.net kami, DNS penyedia layanan internet Serbia kami jelas-jelas terlihat. Jenis kebocoran data ini tidak bisa diterima dan kami berharap iTop mengatasi masalah ini ke depannya.

Informasi apa saja yang dibutuhkan iTop?

Anda bisa mengunduh dan menggunakan iTop VPN apk gratis tanpa mendaftar. Namun, jika ingin menggunakan yang iTop VPN premium, Anda perlu membuat akun. Proses pendaftarannya membutuhkan email dan informasi pembayaran Anda. Anda juga bisa mendaftar menggunakan akun Google atau Facebook Anda, tapi sarankan untuk tidak melakukan ini.

Screenshot of iTop VPN, sign up screen

Mengingat iTop tidak mendukung pembayaran crypto atau tunai, kami sarankan untuk menggunakan PayPal. Ada baiknya untuk menyediakan informasi sedikit mungkin bagi layanan yang ingin Anda gunakan.


Kegunaan – Seberapa Mudah Penggunaan iTop VPN?

Score scale 6.5/10

iTop VPN adalah layanan yang ramah bagi pemula dan punya beberapa opsi canggih yang ditujukan kepada pengguna yang berpengalaman. Kelihatannya lebih rumit dari kenyataannya, tapi cukup mudah untuk menguasainya. Maka dari itu layanan ini mendapat nilai 6,5 dari 10 untuk aspek kegunaan.

Berikut kesimpulan utamanya:

  • Situs iTop VPN membingungkan dan laggy.
  • Proses pemasangannya cepat dan mudah.
  • Client mereka ramah konsumen dan berisi banyak fitur.
  • iTop VPN menawarkan split tunneling dan pemblokir iklan sendiri.
  • Layanannya menawarkan manfaat yang sepadan denga biaya yang dikeluarkan.
  • Pembayar crypto tidak diterima.
  • Layanan pelanggan mereka perlu ditingkatkan.

Pengunduhan dan proses pemasangan iTop VPN

Situs iTop VPN lebih ditujukan untuk menjual produk perusahaannya dibanding menyediakan informasi yang berharga bagi calon pengguna. Semuanya terasa seperti upaya pemasaran yang berlebihan, dan Anda akan melihat banyak pop-up promosi di mana pun Anda klik.

Selain itu, situsnya menggunakan tema yang memuat konten seiring Anda gulir ke bawah, ini mengganggu. Anda harus terus menunggu supaya situs bisa memuat konten yang ingin Anda akses.

beranda situs itop vpn indonesia dengan pilihan unduh aplikasi gratis

Menekan tombol “My Account” di sudut kanan atas akan memungkinkan Anda untuk mendaftar atau log in setelah membuat akun. Setiap kali Anda log in, Anda akan mendapat verifikasi CAPTCHA dengan beberapa karakter yang cukup kriptik. Kami sering tiga atau empat kali gagal melaluinya setiap kali ingin log in.

Login yang berhasil akan memberi Anda akses ke dashboard pribadi Anda. Tidak banyak yang bisa dilakukan di sana, tapi Anda bisa mengubah informasi Anda, melihat riwayat tagihan, dan mengunduh produk iTop.

Screenshot of iTop VPN, personal dashboard

iTop VPN hanya mendukung platform yang paling populer, termasuk Windows, macOS, Android, dan iOS. Kami tentunya ingin melihat lebih banyak platform yang didukung ke depannya, termasuk router VPN. iTop tidak menawarkan browser extension apa pun, tapi mereka punya browser sendiri dengan VPN di dalamnya.

Screenshot of iTop VPN, private browser

Sayangnya, iTop Private Browser tidak gratis (harganya $11,99/bulan). Ini cukup mahal saat Anda membandingkan fungsinya dengan add-on yang tersedia untuk browser populer.

Untuk ulasan iTop VPN, kami terutama menguji aplikasi Windows mereka. Pemasangannya cukup mudah dan tidak butuh langkah-langkah tambahan. Pemasangan aplikasi Android-nya bahkan lebih cepat.

Screenshot of iTop VPN, installation screen

Berikut cara memasang iTop VPN:

  1. Buka situs resmi iTop VPN.
  2. Klik “My Account” pada sudut kanan atas.
  3. Daftar dengan informasi pilihan Anda.
  4. Pilih paket langganan.
  5. Verifikasi alamat email Anda.
  6. Klik “My Account” untuk mengakses dashboard pribadi Anda.
  7. Unduh file pemasangan untuk perangkat Anda.
  8. Klik file yang sudah diunduh untuk memulai pemasangan.
  9. Ikuti instruksinya dan selesaikan proses pemasangan.

Selama pemasangan, Anda akan diminta untuk juga memasang beberapa produk iTop lain. Anda bisa memutuskan sendiri untuk tawaran tersebut. Kami secara umum tidak senang dengan upaya pemasaran produk yang berlebihan dan upaya untuk membuat paket produk di tengah proses pemasangan.

Screenshot of iTop VPN, recommendation during installation

Setelah pemasangan, Anda akan mendapat email sambutan yang berisi informasi tidak relevan. Maka, Anda tidak akan rugi bahkan jika email tersebut hilang di folder spam Anda.

Jika Anda seorang pengguna gratis, Anda tidak perlu log in karena Anda tidak membuat akun. Berbeda dengan pengguna iTop VPN premium yang perlu menyediakan informasi pilihan mereka untuk validasi status VIP mereka.

Screenshot of iTop VPN, login screen

Anda bisa memasang iTop VPN pada maksimal lima perangkat sekaligus. Jika butuh lebih banyak, Anda sebaiknya memilih layanan IPVanish guna mendapatkan koneksi simultan tak terbatas hanya dengan satu akun saja.

Tampilan dan kemudahan penggunaan iTop VPN

Aplikasi Windows iTop VPN bisa terlihat menakutkan awalnya karena banyaknya fitur dan kelompok server. Namun, iTop apk cukup mudah dikuasai, dan rancangan intuitifnya tentu membantu.

Halaman berandanya berisi tombol on/off dengan beberapa informasi tambahan di bawahnya. Anda bisa melihat IP asli atau yang diberikan, server, dan protokol yang digunakan saat ini kapan saja.

Screenshot of iTop VPN, client disconnected
Screenshot of iTop VPN, client connected

Pengaturannya bisa diakses melalui menu hamburger pada sudut kanan atas. Menu ini relatif pendek dan bercabang menjadi:

  • Pengaturan umum: Beragam opsi peluncuran dan pengaturan bahasa
  • Protokol: Pilih tunnel VPN Anda
  • Notifikasi: Sesuaikan skema notifikasi iTop VPN Anda
  • Pembaruan: Pilih antara pembaruan manual dan otomatis
  • Auto Connect (VIP): Tentukan opsi auto-connect untuk iTop VPN
Screenshot of iTop VPN, general settings

iTop VPN saat ini menyediakan layanan dalam 22 bahasa, ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan calon pengguna di seluruh dunia.

Split tunneling

Split tunneling memungkinkan Anda untuk mengecualikan aplikasi dan situs terpercaya dari perlindungan VPN. Dengan kata lain, Anda bisa mengizinkan mereka untuk mengakses internet secara langsung (tidak melalui tunnel VPN yang terenkripsi). Ini akan meningkatkan kecepatan Anda dan menghemat bandwidth, hal ini khususnya relevan bagi pengguna gratis.

iTop VPN menawarkan split tunneling inklusif dan eksklusif. Ini artinya Anda bisa membuat daftar aplikasi dan situs yang bisa menggunakan VPN atau melarang penggunaan VPN untuk semua hal di dalam daftar tersebut.

Screenshot of iTop VPN, split tunneling

Mohon diingat bahwa iTop punya split tunneling untuk situs dan aplikasi, ini jarang ditemukan jaman sekarang. Biasanya, VPN hanya punya satu dari kedua pilihan tersebut.

Ad Blocker – Layanan iTop VPN Premium

iTop VPN memiliki pemblokir iklan yang bagus yang menghapus iklan dan pop-up mengganggu dari browsing Anda. Fitur ini khususnya berguna pada situs torrenting populer, YouTube, dan platform lain yang berisi iklan. Anda juga bisa membuat daftar putih pemblokiran iklan jika beberapa situs bermasalah karena pemblokiran iklan.

Screenshot of iTop VPN, ad block whitelist

Mohon diingat bahwa fitur premium ini bisa ditemukan di bawah Privacy Protection -> Advanced VPN. Selama pengujian kami untuk ulasan iTop VPN ini, pemblokir iklan melakukan tugasnya dan menghapus iklan yang mengganggu dari situs yang kami kunjungi.

Harga dan metode pembayaran

iTop VPN punya kebijakan penawaran harga yang unik. Beberapa paket langganannya hanya bisa diakses melalui pop-up pada situs mereka, hal ini tidak profesional. Saat kami melihat halaman penawaran harga mereka, kami ingin melihat semua paket yang tersedia di sana, bukan berburu pop-up promo.

Program langganan yang terlihat pada halaman tersebut antara lain:

  • 12 bulan: $3,99/bulan (dikenakan tagihan $47,99 per tahun)
  • 24 bulan: $2,50/bulan (dikenakan tagihan $59,99 per dua tahun)
  • 24 bulan + 12 bulan: $1,66/bulan (dikenakan harga $59,99 per tiga tahun)
Screenshot of iTop VPN, pricing plans

Harga-harga yang kami cantukan dalam artikel kami adalah yang kami temukan selama melakukan ulasan tapi mungkin akan berubah tergantung jika ada diskon musiman atau faktor wilayah.

Oleh karena kami hanya ingin menguji layanannya untuk ulasan iTop VPN, kami berhasil membeli paket tiga bulan yang muncul pada situs melalui pop-up. Harga iTop VPN pada paket ini adalah $17,99 untuk tiga bulan. Maka, jika Anda tidak ingin berkomitmen jangka panjang, coba beri kesempatan bagi situs untuk menawarkan paket yang lebih sesuai dengan Anda.

Screenshot of iTop VPN, purchase 3 month subscription

iTop VPN juga menawarkan paket terbatas yang sepenuhnya gratis. Situsnya menyatakan bahwa Anda hanya mendapat 700MB per hari tapi tidak menyebutkan batasan lain. Namun, iTop VPN apk gratis punya beberapa kekurangan serius yang perlu disebutkan:

  • Batasan harian sebesar 700MB
  • Hanya tersedia 10+ server
  • Anda perlu mengantri untuk koneksi
  • Kecepatan yang jauh lebih lambat
  • Tidak ada server untuk streaming
  • Tidak ada layanan pelanggan
  • Tidak ada akses ke banyak fitur mereka

Kami tidak ingin terlalu mempermasalahkan batasan-batasan iTop VPN tersebut karena layanan ini gratis. Namun, situs resmi mereka menyebut paket gratis ini sebagai keuntungan besar dibanding VPN lain, padahal nyatanya paket ini tidak menawarkan banyak hal. ProtonVPN gratis jauh lebih baik dengan bandwidth tak terbatas.

Screenshot of iTop VPN, free vs. premium

Saat ini, iTop VPN mendukung metode pembayaran berikut ini:

  • Kartu kredit
  • PayPal

Dengan kata lain, Anda tidak bisa membeli VPN ini menggunakan crypto. Jika itu metode pembayaran pilihan Anda, kami sarankan untuk memilih layanan seperti Surfshark.

Anda juga bisa sepenuhnya anonim menggunakan pembayaran tunai atau memilih metode yang didukung dan selalu kami sarankan, yaitu membayar menggunakan PayPal.

Semua pembelian disertai penawaran garansi uang kembali 30 hari (60 hari untuk paket sekali bayar). Anda bisa meminta pengembalian uang dengan menyerahkan tiket melalui situs atau aplikasi mereka.

Layanan pelanggan

Layanan pelanggan iTop VPN tentunya bisa lebih ditingkatkan. Jika Anda ingin menghubungi layanan pelanggan mereka, Anda perlu menyerahkan sebuah tiket.

Dengan kata lain, tidak ada fitur live chat atau bentuk interaksi langsung lain. Tim bantuan mereka perlu hampir dua hari untuk menjawab pertanyaan kami dan responnya tidak terlalu membantu atau sepenuhnya tidak sesuai pertanyaan.

Opsi tiket pada client mereka disebut “Feedback,” hal ini tidak terlalu intuitif. “Meninggalkan umpan balik” bukan hal yang sama dengan mencari solusi atas sebuah masalah yang spesifik.

Screenshot of iTop VPN, in app support

Bagian FAQ pada situs tidak berguna. Bagian tersebut hanya menjawab beberapa pertanyaan umum seputar VPN dan tidak menjelaskan fitur-fitur iTop secara spesifik. Blog mereka menarik dan berisi beberapa panduan berguna, tapi tidak cukup untuk meningkatkan nilai aspek layanan pelanggan mereka.


Jaringan Server – Bisakah iTop VPN Membuka Blokir Internet?

Score scale 7.5/10

Jaringan server VPN yang besar akan memungkinkan layanan modern untuk menyediakan kecepatan yang bagus dan pengalaman yang bebas lag. Selain itu, jaringan tersebut akan meningkatkan kemungkinan Anda berhasil melampaui sensor online dan platform yang dibatasi secara geografis. Mengingat hal tersebut, iTop VPN mendapat nilai 7,5 dari 10 untuk aspek jaringan server mereka.

Berikut beberapa poin penting untuk diperhatikan:

  • iTop VPN punya 1.800+ server di seluruh dunia.
  • Layanannya bisa membuka blokir beberapa platform streaming, termasuk Netflix AS.
  • Layanannya memungkinkan torrenting dan menawarkan server khusus P2P.
  • iTop VPN punya IP umum yang statis tapi tidak punya IP khusus.

Jumlah server dan lokasi

iTop VPN saat ini menawarkan 1.800+ server di seluruh dunia. Jaringan servernya bagus, khususnya saat kami mempertimbangkan semua server khusus mereka. Namun jika Anda ingin jaringan yang jauh lebih besar, kami sarankan untuk mencoba Private Internet Access dan jaringannya yang berisi 30.000+ server.

Anda bisa memeriksa jaringan iTop dengan menekan “All servers” pada client. Aplikasinya juga memungkinkan Anda untuk memilih grup spesifik, termasuk server untuk streaming, mengunduh, media sosial, dan gaming.

Screenshot of iTop VPN, servers

Kami khususnya senang dengan indikator latency dan muatan yang tertera di samping setiap lokasi server. Jika iTop punya beberapa server di satu negara atau kota, layanannya akan mengizinkan Anda untuk memilih di antaranya. Terakhir, Anda juga bisa membuat daftar server favorit dengan menekan bintang di samping servernya.

Daftar lengkap lokasi server iTop VPN antara lain:

  • Amerika: Amerika Serikat, Brazil, Kanada, Meksiko
  • Eropa: Austria, Belanda, Belgia, Hungaria, Inggris, Irlandia, Islandia, Italia, Jerman, Kazakhstan, Perancis, Polandia, Republik Ceko, Romania, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss
  • Asia: Bangladesh, Israel, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Thailand, Turki, Uni Emirat Arab
  • Oseania: Australia
  • Afrika: Afrika Selatan, Mesir

Seperti yang sudah kami sebutkan, alat Smart Location mereka tidak bekerja dengan benar, maka kami sarankan untuk mengabaikannya. Anda bisa menemukan server optimal berdasarkan lokasi Anda dan indikator yang tersedia.

iTop VPN dan streaming (Netflix, Disney Plus, Hulu, BBC iPlayer)

iTop VPN punya kemampuan membuka blokir yang luar biasa untuk platform streaming yang populer. Mari lihat hasil final kami pada tabel di bawah ini.

PlatformBisakah iTopVPN membuka blokirnya?
Netflix
Disney Plus
Hulu
BBC iPlayer

Selain layanan streaming tersebut, iTop bisa membuka blokir Crunchyroll, Hotstar, Sling TV, Pluto TV, beragam platform 18+, Twitch, dan banyak layanan lain. Layanan ini menawarkan banyak server streaming khusus yang bisa ditemukan pada layar utama aplikasinya.

Screenshot of iTop VPN, streaming servers

Secara keseluruhan, kami senang dengan kemampuan iTop untuk melampaui pemblokir VPN dan mengakses semua platform streaming yang diinginkan. Jika layanannya mampu mengatasi masalah kecepatannya, maka mereka berpotensi untuk masuk ke dalam daftar VPN terbaik untuk Netflix dan layanan serupa lainnya.

iTop VPN dan torrent

Berbeda dari banyak ulasan iTop VPN di luar sana, layanan ini tidak mendukung P2P filesharing. Anda juga bisa menemukan lima server khusus P2P pada layar utama aplikasinya. Mohon diingat bahwa server P2P ditujukan khusus bagi pengguna premium.

Screenshot of iTop VPN, torrenting servers

Untuk urusan streaming, torrenting di server yang jauh akan lambat dengan iTop. Maka, kami sarankan menggunakan uTorrent dengan lokasi server yang dekat untuk performa optimal. Anda juga bisa memeriksa VPN terbaik pilihan kami untuk torrenting jika ingin punya lebih banyak opsi.

Alamat IP khusus

IP khusus terikat dengan akun Anda, artinya hanya Anda yang bisa menggunakannya. Namun, iTop VPN hanya menawarkan IP statis, bukan khusus.

Ini berarti Anda akan mendapat IP yang sama setiap kali Anda terhubung ke server yang sama. Ini jauh dari konsep IP khusus karena Anda bukan satu-satunya orang yang menggunakannya.

Screenshot of iTop VPN, IP configure

Pilihan alternatifnya adalah Anda bisa menggunakan IP umum yang dinamis, yang akan berubah pada setiap koneksi baru. Jika Anda sangat butuh alamat IP khusus, kami sarankan untuk menggunakan CyberGhost VPN.


Pengalaman Kami dengan iTop VPN

iTop mungkin bukan VPN terbaik di luar sana, tapi kami senang dengan layanannya. Setelah melalui tes ekstensif, kami sekarang menilai iTop VPN sebagai VPN tingkat menengah yang kuat dan satu kekurangan yang buruk.

Pengaturan keamanannya solid, kecepatannya beragam tapi tetap bisa diterima, jaringan servernya layak, dan kemampuannya dalam membuka blokir geografis cukup memukau. Ada pula versi gratis terbatas yang mereka tawarkan, yang bisa digunakan sebagai masa coba gratis iTop VPN. Selain itu, iTop mampu menjadi layanan yang tetap ramah bagi pemula dan menawarkan beberapa opsi canggih bagi pengguna yang berpengalaman.

Di sisi lain, kami melihat adanya kebocoran DNS, ini menjadi isu privasi yang besar. Sangat disayangkan, khususnya karena layanan ini punya kebijakan no log yang kuat. Kebocoran DNS tentunya merupakan hal yang mengurangi kualitas VPN ini, dan kami tidak bisa merekomendasikan layanan ini sampai masalah tersebut teratasi. Kami juga tidak senang dengan skema penawaran harga iTop dan pop-up mengganggu yang muncul di mana-mana pada situs mereka.

Ulasan iTop VPN: FAQ

Punya pertanyaan tentang iTop? Kami bisa bantu. Langsung klik pertanyaan di bawah ini, dan Anda akan temukan jawabannya.

Apakah iTop VPN gratis?

Ya, iTop VPN punya versi gratis. Namun, versi itu tidak dilengkapi fitur-fitur keamanan canggih yang tersedia pada versi premium. Mereka juga membatasi penggunaan jaringan Anda sampai pada batas 700 MB/hari, yang tidak cukup untuk penggunaan regular. Untuk pengalaman VPN yang sesungguhnya, Anda akan membutuhkan versi premium.

Apa VPN gratis terbaik?

PrivadoVPN adalah VPN gratis terbaik yang ada di pasar saat ini. Layanannya tidak punya batasan kecepatan, punya jumlah server yang cukup, dan bekerja dengan Netflix AS. iTop juga merupakan pilihan alternatif yang layak dan punya versi gratis. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, baca ulasan iTop VPN kami.

Bagaimana cara kerja iTop VPN?

iTop VPN bekerja serupa penyedia VPN Anda pada umumnya. Anda membayar paket langganan, memasang aplikasi mereka, memilih server dan mengubah IP Anda. Namun, layanan ini berbeda dari pesaingnya dengan menawarkan versi gratis, menyesuaikan tujuan server, dan mendukung aktivitas gaming. Baca ulasan iTop VPN kami untuk tahu lebih lanjut tentang cara kerja iTop VPN.

Bagaimana cara membatalkan iTop VPN saya?

Untuk membatalkan program langganan iTop VPN, Anda perlu menyerahkan tiket ke iTop. Sayangnya, tidak ada sistem otomatis untuk melakukan hal ini, tapi permintaan ke layanan pelanggan mereka sudah cukup untuk membatalkan program langganan Anda saat ini.

Opini Pribadi Ahli Kami

“iTop bukan VPN terbaik di luar sana, tapi kami tentunya senang dengan layanannya. Mereka tidak punya beberapa fitur penting, dan layanan pelanggannya bisa ditingkatkan, tapi layanan ini punya jaringan server yang besar, dan menawarkan keamanan yang telah ditingkatkan bagi penggunanya.”
6.4
David Janssen
David Janssen
Analisis Keamanan Cyber
iTop VPN bagus, tapi masih ada banyak ruang untuk peningkatan. Persaingan di dunia VPN sangat tinggi, dan layanan ini harus meningkatkan kualitas di banyak aspek jika ingin bersaing dengan layanan seperti NordVPN atau ExpressVPN. Ada perbedaan kecepatan yang terlihat setelah tercipta koneksi, maka sebagian besar pengalaman Anda akan bergantung pada lokasi Anda. Tentunya, kebocoran DNS selalu menjadi isu yang serius bagi pengguna yang paham tentang privasi.
Naj Ahmed
Naj Ahmed
Editor Teknologi
Saat pertama kali dilihat, iTop VPN tampak mulus. Namun, mereka perlu meningkatkan infrastruktur mereka untuk bersaing dengan nama-nama papan atas. Jika Anda butuh VPN untuk sekedar browsing biasa atau hanya ingin sesuatu yang lebih bagus dibanding proxy Anda, iTop VPN mungkin bisa jadi pilihan yang bagus.