Ulasan Atlas VPN (2024): VPN Gratis dan Premium Baru yang Layak Dicoba

Atlas VPN merupakan penyedia virtual private network yang relatif baru yang diluncurkan pada tahun 2019. Pada tahun 2021, layanan ini menjadi bagian dari Nord Security, yang juga pemilik dari VPN unggulan kami saat ini, Surfshark dan NordVPN. Alhasil, kami berharap hal-hal baik, sehingga kami pun memutuskan untuk membuat ulasan mendalam tentang Atlas VPN untuk melihat seberapa bagus layanannya.

Kami menguji aplikasi Atlas VPN versi gratis dan premium untuk melihat aspek-aspek penting seperti kecepatan, keamanan, privasi, dan lainnya. Lanjut baca untuk mengetahui cara layanan gratis Atlas VPN bersaing dengan layanan lain. Riset kami seharusnya membantu Anda dalam menentukan apakah Atlas VPN cocok untuk Anda.


Atlas VPN: Gambaran Singkat

ProKontra
Opsi VPN gratisBerbasis di Amerika Serikat, bagian dari Aliansi Lima Mata
Versi premium yang membuka blokir Netflix dan layanan streaming lainTidak tersedia untuk router
Tidak ada catatan informasi pribadi yang bisa dikenaliIsu teknis
Kecepatan yang layak 
Paket premium yang terjangkau 

Atlas VPN merupakan VPN gratis sepenuhnya tapi juga menawarkan paket premium yang sangat terjangkau dengan garansi uang kembali 30 hari. Anda akan temukan aplikasi-aplikasi untuk Windows, macOS, Android, iOS, Android TV, dan Amazon Fire TV. Pengguna premium juga bisa memiliki jumlah koneksi simultan yang tak terbatas.

Baik versi Atlas VPN yang gratis dan premium sama-sama menawarkan kecepatan dan keamanan yang bagus untuk membantu Anda browsing secara aman. Namun, Atlas VPN gratis baru-baru ini mengurangi batas data mereka dari 10 GB ke 5 GB.

Versi gratis Atlas VPN juga tidak bisa membuka blokir layanan streaming yang dibatasi secara geografis. Di sisi lain, versi berbayar mereka membuka blokir Netflix dan layanan lain seperti Amazon Prime Video. Versi tersebut juga mendukung P2P file-sharing untuk aktivitas torrenting yang aman dan anonim.

Bagian terbaiknya adalah Atlas VPN tidak menyimpan catatan data pribadi pengguna yang bisa dikenali. Maka, meskipun layanan ini berbasis di Amerika Serikat, yang tidak memiliki peraturan ramah privasi, VPN ini aman. Layanannya tidak akan melacak aktivitas online Anda.

Lanjut baca ulasan lengkap Atlas VPN kami di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Spesifikasi Atlas VPN
💵 Harga Black Friday: mulai dari $1,64 per bulan
📱 Sistem operasi Android, Linux, Mac, Windows, iOS
💻 Koneksi Tak terbatas
💳 Metode pembayara Cryptocurrency, Lain, Kartu kredit, PayPal
🔒 Protokol IKEv2, Wireguard
📥 Opsi torrent Torrenting diizinkan
📅 Jaminan uang kembali Garansi uang kembali
📋 Log
🎬 Bekerja dengan Bekerja dengan Netflix Bekerja dengan HBO Bekerja dengan Disney+ Bekerja dengan BBC Bekerja dengan Torrent Bekerja dengan Gaming

Kecepatan – Seberapa Cepat Atlas VPN?

Skala nilai 7,5/10

Tidak ada orang yang ingin duduk menunggu tayangan saat buffering, halaman situs dimuat, atau pengunduhan selesai. Anda ingin tingkat privasi yang lebih tinggi, bukan kecepatan koneksi yang lebih lambat. Maka setiap VPN yang kami ulas diuji secara ekstensif aspek kecepatannya. Atlas VPN mendapat nilai 7,5 dari 10 dalam tes kecepatan kami. Berikut kesimpulan-kesimpulan utama kami:

  • Atlas VPN menawarkan kecepatan yang cukup layar di sebagian besar servernya.
  • Browsing dan streaming bekerjsa secara baik dengan Atlas VPN.

Hasil tes kecepatan Atlas VPN

Tabel di bawah ini merangkumkan hasil tes Atlas VPN kami di beragam server. Kami menguji versi premium Atlas VPN menggunakan speedtest.net, melaksanakan tes-tes beberapa kali untuk setiap server dan menghitung rata-rata kecepatannya.

ServerPingDownload (Mbps)Upload (Mpbs)Download %
Tidak pakai VPN494,1394,39100%
Server Terbaik
Belanda (Amsterdam)1489,986,2495,51%
Jerman (Frankfurt)1190,3386,9195,96%
Inggris (London)2489,785,7295,29%
Amerika Serikat Bagian Timur (New York)9572,8945,5277,44%
Amerika Serikat Bagian Barat (Phoenix)17915,7990,9916,77%
Kanada (Montreal)11289,9890,7595,59%
Brazil (Sao Paulo)22555,1890,6458,62%
Jepang (Tokyo)23271,1972,7975,63%
Australia (Sydney)27136,4987,9838,77%
Spanyol (Madrid)3390,3390,7695,96%
Meksiko (Mexico City)16069,190,7173,41%
Perancis (Paris)1990,4790,3996,11%
Italia (Milano)2890,3389,495,96%
Portugal (Lisbon)5189,4689,2795,04%
Argentina (Buenos Aires)23277,6589,2582,49%

Mohon diingat bahwa kecepatan VPN bisa dipengaruhi oleh beragam faktor seperti lokasi Anda dan waktu. Hasil kami hanya memberikan gambaran umum hal-hal yang bisa Anda harapkan, tapi mungkin Anda akan melihat perbedaan saat melakukan tes sendiri.

Kecepatan selama penggunaan harian

Atlas VPN bukan VPN tercepat, tapi cukup bagus untuk sebagian besar kasus pengguna. Kami tidak melihat adanya delay saat browsing, streaming, dan bahkan gaming. Halaman web dimuat dengan harus, dan video bisa diputar tanpa gangguan. Kami juga mengunduh dan mengunggah file menggunakan koneksi Atlas VPN kami tanpa masalah.

Namun, ada beberapa kekusutan terhadap konektivitas internet saat tombol mati daya Atlas VPN diaktifkan. Ini cukup mengganggu. Kami membahas masalah ini secara lebih detil di bagian tombol mati daya dalam ulasan Atlas VPN kami.


Keamanan – Seberapa Aman Atlas VPN?

Skala nilai 8,5/10

Aspek paling penting dari VPN adalah keamanannya. Protokol yang aman dan enkripsi yang kuat akan menjaga kerahasiaan traffic data Anda dari para pengintai. Atlas VPN mendapat nilai 8,5 dari 10 untuk keamanan. Berikut poin-poin utama penemuan kami saat menguji layanan ini:

  • Atlas VPN menawarkan protokol IKEv2 dan Wireguard.
  • Atlas VPN tidak menyimpan log (catatan) data pengguna yang bisa dikenali.
  • Layanannya menawarkan tombol mati daya di desktop dan aplikasi mobile.
  • Untuk membuat akun Atlas VPN, Anda perlu menyediakan alamat email dan informasi pembayaran.

Protokol

Atlas VPN melindungi data Anda dengan enkripsi 256-bit standar industri. Di saat yang bersamaan, layanannya menawarkan protokol IKEv2 dan WireGuard yang sangat aman. WireGuard tipikalnya adalah pilihan terbaik di sini dan akan memberikan kecepatan yang paling optimal. Anda bisa pilih protokol ini saat Anda download Atlas VPN dengan membuka bagian “Settings” di aplikasi Atlas VPN.

Logging dan privasi

VPN bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan privasi online Anda. Jadi, penyedia-penyedia terbaik tidak mengumpulkan data pribadi apa pun yang bisa dikenali. Kami puas karena Atlas VPN menghargai hal ini dan tidak menyimpan catatan data yang sensitif. Data termasuk alamat IP, lokasi, dan penggunaan internet Anda tidak akan dilacak.

Namun, ini bukan berarti mereka tidak mencatat apa pun. Atlas VPN mencatat data yang bisa membantu Nord Security untuk meningkatkan layanan mereka dan menyediakan fitur-fitur premium bagi pengguna. Kebijakan privasi Atlas VPN menyatakan bahwa layanannya mengumpulkan jenis-jenis informasi berikut ini tentang Anda:

  • Data tentang penggunaan aplikasi: Hal ini mencakup perubahan yang Anda lakukan terhadap pengaturan Anda serta tanggal dan waktu saat Anda terhubung dan memutuskan koneksi.
  • Data pada perangkat Anda: Data ini mencakup jenis perangkat yang Anda gunakan, termasuk informasi tentang pembuatan, model, dan sistem operasinya.
  • Pengenal perangkat: Pengenal ini diberikan kepada perangkat Anda oleh pembuat sistem operasi (OS). Atlas VPN mengakses pengenal ini untuk tujuan analitik dan pemasaran.

Selain itu, Atlas VPN berbasis di Amerika Serikat, sebuah negara 5 Mata. Ini artinya mereka mungkin membagikan informasi Anda dengan pihak berwajib jika diminta.

Berita bagusnya adalah penyedia ini tidak akan punya banyak data tentang Anda untuk dibagi, berkat kebijakan no log. Namun, lebih baik penyedia VPN berbasis di wilayah-wilayah yang lebih ramah privasi, seperti Panama, yang menjadi basis NordVPN. Jadi, mohon ingat hal ini jika Anda memutuskan untuk download Atlas VPN bagi diri sendiri.

Tombol mati daya

Tombol mati daya adalah fitur keamanan yang penting untuk VPN. Fitur ini secara otomatis “membunuh” koneksi internet Anda jika koneksi VPN terputus. Dengan begitu, perangkat lunak memastikan Anda tetap anonim dan menjamin data Anda tidak “bocor” melalui koneksi yang tidak aman.

Atlas VPN punya tombol mati daya di semua aplikasinya, tapi kami menemukan sebuah isu teknis yang aneh. Kadang, saat koneksi terputus, tombol mati daya akan aktif tapi tidak berusaha untuk membuat kembali koneksi yang aman. Ini artinya kami harus secara manual terhubung kembali ke VPN untuk mendapatkan koneksi internet. Hal ini cukup mengganggu dan memakan waktu.

Data Breach Monitor

Dengan Atlas VPN versi premium, Anda mendapat akses ke Data Breach Monitor. Fitur ini melakukan tugas sesuai dengan namanya. Data breach monitor akan melacak pelanggaran data online apa pun yang berisi informasi pribadi Anda. Fitur ini secara otomatis memindai database yang bocor dan memberi tahu Anda jika ada data yang terekspos.

Apakah Atlas VPN membocorkan data Anda?

VPN bekerja dengan menyembunyikan alamat IP (dan data) Anda, yang akan mencegah situs dan layanan lain supaya tidak bisa melihat lokasi Anda. Tapi jika sebuah VPN tidak bekerja secara baik, alamat IP asli dan lokasi Anda bisa bocor.

Saat kami mengulas VPN, kami melihat apakah perangkat lunaknya mengalami kebocoran IP/IPv6 DNS atau WebRTC, yang akan membahayakan privasi Anda.

Berita baiknya adalah Atlas VPN tidak mengalami kebocoran apa pun yang bisa memperlihatkan lokasi asli Anda. Saat terhubung ke server VPN Jepang, setiap tes menunjukkan bahwa IP kami sedang disembunyikan. Di sini, Anda bisa lihat bahwa kami tidak mengalami kebocoran IP atau DNS saat terhubung ke server VPN:

Cuplikan Atlas VPN, tes kebocoran DNS dan tes IP
Cuplikan Atlas VPN, tes kebocoran WebRTC

Alat alamat IP kami setuju dengan hasil tersebut, alatnya menunjukkan bahwa lokasi kami “berada di Tokyo” meskipun sebenarnya kami berada di Belanda.

Cuplikan Atlas VPN, tes kebocoran IP

Apa arti ini semua? Atlas VPN tidak akan membocorkan data Anda, artinya Anda tidak akan berpotensi memperlihatkan lokasi asli Anda tanpa disadari.

Informasi apa saja yang dibutuhkan Atlas VPN?

Untuk membuat akun Atlas VPN, Anda perlu menyediakan:

  • Alamat email
  • Informasi pembayaran (Kartu kredit, PayPal, atau Google Pay)

Penyedia ini juga menerima cryptocurrency sebagai pembayaran, artinya Anda bisa beli VPN secara lebih anonim. Kami sarankan untuk membayar VPN Anda menggunakan crypto dibanding kartu kredit atau PayPal, karena bisa berakibat pada layanan VPN akan punya akses ke beberapa informasi sensitif Anda.


Kegunaan – Seberapa Mudah Penggunaan Atlas VPN?

Skala nilai 6/10

VPN perlu bisa mudah digunakan supaya bahkan pemula bisa memanfaatkannya. Kami cukup kecewa dengan Atlas VPN karena layanan ini tampaknya punya beberapa isu teknis. Oleh karena itu, kami memberikan nilai 6 dari 10 untuk aspek kegunaan dalam ulasan Atlas VPN kami.

  • Situs Atlas VPN dirancang dengan baik dan mudah digunakan tapi kurang berisi informasi yang merinci.
  • Aplikasi Windows Atlas VPN pernah diblokir oleh perangkat lunak antivirus dan hanya bekerja setelah ada banyak isu.
  • Aplikasi Mac dan mobile bekerja dengan cukup baik, tapi kami menemukan beberapa isu dengan tombol mati daya mereka.
  • Atlas VPN tersedia secara gratis, dan versi Premium mereka sangat terjangkau.
  • Layanan pelanggan bisa dihubungi melalui email. Pengguna Premium bisa menggunakan fitur live chat.

Situs dan proses pemasangan Atlas VPN

Situs Atlas VPN sederhana dan mudah digunakan. Di bagian atas halaman beranda ada menu dengan tautan-tautan ke beragam halaman seperti “Features” dan “Pricing”. Kesempatan-kesempatan untuk download Atlas VPN akan disoroti menggunakan tombol merah yang mudah ditemukan.

Cuplikan Atlas VPN, halaman beranda situs Indonesia

Selain itu, Anda bisa gulir ke bawah untuk melihat informasi lebih lanjut dan perbandingan antara Atlas VPN dan beragam pesaing, seperti ExpressVPN.

Menurut kami, informasi yang tersedia di situsnya tergolong sedikit, masih kurang penjelasan yang kami butuhkan untuk ulasan Atlas VPN ini. Contohnya, informasi tentang fitur-fitur Atlas VPN seperti SafeSwap, Tracker Blocker, dan MultiHop+ tidak menjelaskan fitur tersebut akan tersedia di platform mana saja. Ini bisa jadi membingungkan saat ingin coba mencari fitur-fitur di dalam aplikasinya.

Sebelumnya Anda bisa menggunakan Atlas VPN tanpa akun; sayangnya, ini tidak lagi berlaku. Jadi, untuk download Atlas VPN dan membuat akun langsung di perangkat lunaknya, ikuti tahap-tahap di bawah ini untuk memasang Atlas VPN pada desktop Anda:

  1. Klik tombol “Get Atlas VPNdi halaman beranda.
  2. Klik “Download Free” untuk mendapat client Atlas VPN gratis atau “Get Premium” untuk membeli paket langganan Atlas VPN.
  3. Jika Anda memilih opsi gratis, Atlas VPN download akan otomatis dimulai untuk sistem Windows. Untuk macOS, Anda akan diarahkan ke Mac App Store untuk mengunduh client-nya.
  4. Jika Anda memilih versi Premium, Anda akan diarahkan ke halaman penawaran harga untuk memilih paket langganan dan mengisi alamat email serta informasi pembayaran Anda.
  5. Setelah selesai membayar, Anda akan mendapat email konfirmasi dan arahan untuk download aplikasi Atlas VPN.
  6. Buka file yang diunduh dan ikuti instruksi pada layar untuk memasang client VPN.
  7. Jika Anda sudah membeli paket premium, Anda bisa sign in ke aplikasinya menggunakan alamat email yang Anda gunakan dan kode verifikasi yang akan dikirim via email kepada Anda saat ingin mendaftar.

Catatan: Setiap perangkat baru yang Anda gunakan untuk sign in akan membutuhkan kode verifikasi yang terpisah sehingga Anda tidak bisa memasang kata sandi untuk sign in.

Tampilan dan kemudahan penggunaan Atlas VPN

Aplikasi Atlas VPN sangat mudah digunakan dan tersedia untuk Android, macOS, iOS, Windows, Android TV, dan Amazon Fire TV. Halaman berandanya berisi draftar server dan sebuah tombol “on” yang besar. Klik tombolnya untuk memulai koneksi dengan server terdekat. Pilihan alternatifnya adalah dengan membuka daftar server dan memilih sendiri lokasi sendiri.

Beranda perangkat lunak Atlas VPN

Daftar servernya punya tiga tab: All, Streaming, dan SafeSwap. Server-server streaming dioptimalkan untuk streaming konten video, sedangkan server-server SafeSwap adalah server Atlas VPN paling ramah privasi yang kami temukan selama melakukan pengujian. Mereka memungkinkan Anda untuk punya lebih dari satu alamat IP putar tanpa perlu beralih antara server VPN.

Jadi, berbeda dari server VPN umumnya yang hanya memberikan Anda satu alamat IP, server SafeSwap menggunakan sekumpulan alamat IP. Saat terhubung ke server SafeSwap, traffic Anda yang keluar akan diarahkan via beberapa alamat IP. Alamat IP tersebut akan berganti secara acak selama sesi online Anda tanpa mempengaruhi kecepatan Anda, tapi akan meningkatkan anonimitas online Anda.

Di sisi kiri halaman beranda aplikasi Atlas VPN ada sebuah menu minimalis di mana Anda bisa mengakses “Settings”. Di sini, Anda bisa menyesuaikan beragam opsi seperti tombol mati daya dan protokol.

Pengaturan Atlas VPN

Anda juga bisa mengakses bagian “Support” dari aplikasinya, di mana Anda akan menemukan kebijakan privasi, ketentuan layanan, dan beberapa FAQ tentang Atlas VPN.

Halaman bantuan perangkat lunak AtlasVPN

Sayangnya, kami mengalami beberapa masalah dengan aplikasi Windows Atlas VPN. Awalnya, aplikasi tersebut diblokir oleh perangkat lunak antivirus kami.

Saat percobaan kedua, kami akhirnya bisa terhubung setelah menghapus beberapa driver, restart komputer (dua kali), dan mematikan firewall untuk koneksi awal. Kami lalu bisa menyalakan kembali firewall dan lanjut menggunakan Atlas VPN secara normal.

Screenshot of Atlas VPN, error 809, cannot connect to VPN
Cuplikan Atlas VPN, error 87, tidak bisa terhubung ke VPN

Harga dan metode pembayaran

Atlas VPN menawarkan paket gratis dan premium layanannya. Anda mendapat traffic harian sebanyak 5 GB per bulan dan akses ke tiga lokasi server menggunakan Atlas VPN gratis. Hal ini, sayangnya, kurang dari jumlah yang sebelumnya bisa Anda dapatkan. Sebelumnya, versi gratis Atlas VPN menawarkan 10 GB data.

Namun, versi premium mereka tidak punya batasan data. Versi ini juga memberi Anda akses ke 44 lokasi server dibanding hanya tiga lokasi dan punya lebih banyak fitur keamanan, jumlah koneksi simultan tak terbatas, server yang lebih cepat, dan server-server khusus untuk streaming.

Atlas VPN Premium menawarkan tiga jenis paket langganan:

Biaya bulanannya termasuk lebih murah jika Anda berlangganan Atlas VPN Premium untuk jangka waktu yang lebih lama. Maka dari itu paket dua tahun mereka adalah pilihan termurah: paket ini menawarkan diskon 85% besar-besaran dari harga asli, dan hanya tersedia bagi Anda pembaca yang membuka situs Atlas VPN langsung dari situs kami.

Mohon diingat bahwa harga-harganya mungkin akan berubah di setiap negara akibat pajak App Store.

Saat Anda memilih Atlas VPN Premium, Anda bisa membayar via Google Pay, kartu kredit, PayPal, atau crypto. Ada pun penawaran garansi uang kembali 30 hari, sehingga Anda bisa mencoba layanannya untuk melihat apakah sesuai dengan keinginan Anda.

PERHATIAN

Situs Atlas VPN saat ini juga menunjukkan harga langganan dalam Rupiah. Paket langganan yang tersedia antara lain:

  • Rp27.279,97/bulan untuk paket 2 tahun dengan bonus gratis 3 bulan.
  • Rp49.175,74/bulan untuk paket 1 tahun.
  • Rp179.473,51/bulan untuk paket 1 bulan.

Mohon diperhatikan bahwa harga-harga ini cenderung akan berubah jadi selalu cek situsnya untuk informasi terbaru.

Layanan pelanggan

Layanan pelanggan Atlas VPN bisa dihubungi via email. Rata-rata durasi respon untuk permintaan bantuan adalah 24 jam, jadi tidak ideal jika Anda punya masalah yang perlu penyelesaian cepat.

Jika Anda bukan bagian “Help” di situs mereka, Anda akan temukan beberapa FAQ dan artikel-artikel bantuan. Meskipun begitu, menurut kami bagian ini cukup terbatas dan masih bisa ditingkatkan dengan menambahkan informasi yang lebih detil. Di bawah artikel bantuan, ada tombol untuk menghubungi tim layanan pelanggan Atlas VPN.

Pengguna premium bisa mengakses bantuan live chat dengan log in ke situs Atlas VPN. Kami menguji fitur ini dan menemukan bahwa fitur tersebut sebenarnya bukan “live chat” melainkan sebuah formulir kontak yang perlu Anda kirim. Kami rasa mereka bisa meningkatkan aspek ini dengan menggunakan fitur live chat yang benar di halaman beranda mereka.

Kami mengirim beberapa pertanyaan, termasuk tentang cara mengubah protokol di aplikasi Mac Atlas VPN, dan kami mendapat respon email beberapa menit setelahnya. Agen layanan pelanggan mereka ramah dan membantu. Sayangnya, mereka tidak bisa membantu mengatasi masalah kami saat ingin coba memasang client VPN di Windows. Atlas VPN diblokir oleh perangkat lunak antivirus kami dan layanan pelanggan mereka tidak punya solusinya.


Jaringan Server – Bisakah Atlas VPN Membuka Blokir Internet?

Skala nilai 7/10

Kami tidak berharap VPN yang relatif baru seperti Atlas VPN punya ribuan server, berbeda dari penyedia-penyedia yang lebih terkenal seperti Surfshark dan CyberGhost. Namun, layanan ini tetap menyediakan opsi yang cukup dengan kecepatan yang layak bagi penggunanya, dan pilihannya banyak bagi pengguna versi gratis Atlas VPN. Dalam aspek ini, layanannya mendapat nilai 7 dari 10 dalam evaluasi kami.

Berikut kesimpulan utama kami tentang jaringan server Atlas VPN:

  • Atlas VPN punya 44 lokasi server di 37 negara. Totalnya, mereka punya lebih dari 750 server.
  • Pengguna premium punya akses ke server-server khusus untuk streaming.
  • Atlas VPN tidak menawarkan alamat IP khusus.

Jumlah server dan lokasi

Seperti yang disebutkan di atas, Atlas VPN punya lebih dari 750 server di 44 lokasi di 37 negara. Jaringan kecil ini adalah awal mula yang cukup baik, tapi kami berasumsi jaringannya akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Versi gratis Atlas VPN hanya memungkinkan akses ke dua lokasi:

  • Belanda
  • Amerika Serikat (Los Angeles dan New York)

Berikut gambaran luas untuk semua lokasi server Atlas VPN:

NegaraLokasi server
Amerika SerikatLos Angeles, Miami, New York City, Dallas, New Jersey, Phoenix, Las Vegas
AustraliaSydney
AustriaVienna
BelandaAmsterdam
BelgiaBrussels
BulgariaSofia
DenmarkCopenhagen
EstoniaTallinn
FinlandiaHelsinki
Hong KongHong Kong
HungariaBudapest
IndiaChennai
InggrisLondon
IrlandiaDublin
ItaliaMilan
JepangTokyo
JermanFrankfurt
KanadaMontreal
LatviaRiga
NorwegiaOslo
PerancisParis
PolandiaWarsaw
Republik CekoPrague
RomaniaBucharest
SerbiaBelgrado
SingapuraSingapore
SlovakiaBratislava
SpanyolMadrid
SwediaStockholm
SwissZürich
Uni Emirat ArabDubai

Atlas VPN Premium menawarkan server-server khusus untuk pelanggan premium. Selain itu, layanannya juga punya server SafeSwap yang kami bahas sebelumnya, yang dirancang untuk memaksimalkan privasi. Server-server ini terletak di Belanda, Amerika Serikat, dan Singapura.

Lebih dari itu, aplikasi mobile Atlas VPN punya server-server MultiHop+ di Eropa dan Amerika Utara. Menurut situs Atlas VPN, “MultiHop+ adalah topologi jaringan tingkat lanjut dengan lokasi yang dipilih secara cermat untuk latensi dan kecepatan optimal yang dirancang untuk berotasi secara acak di antara beragam gateway.” Alhasil, aktivitas online Anda tersembunyi di balik beberapa lokasi dan lapisan enkripsi Atlas VPN untuk meningkatkan keamanan dan anonimitas Anda.

Server-server MultiHop+ adalah pilihan yang bagus saat Anda ingin melampaui sensor dan pengawasan. Mereka menawarkan perlindungan online yang kokoh bagi pihak yang ingin menghindari pengawasan pemerintah di negara-negara yang punya banyak batasan.

Atlas VPN dan streaming (Netflix, Disney Plus, Hulu, BBC iPlayer)

Atlas VPN bisa buka blokir banyak layanan streaming yang disebutkan di bawah ini.

PlatformBisakah Atlas VPN membuka blokirnya?
Netflix
Disney Plus
Hulu
BBC iPlayer

Atlas VPN Premium memungkinkan kami untuk nonton Netflix Amerika dan menikmati acara serial seperti Legacies dan Supernatural menggunakan server LA. Selain Netflix, Atlas VPN juga cocok dengan layanan streaming lain, termasuk Prime, Disney Plus, Hulu, HBO Max, Peacock, BBC iPlayer, dan Crackle.

Sayangnya, versi gratis Atlas VPN tidak mengizinkan kami untuk nonton konten Netflix dari negara lain, meskipun kami bisa melihat semua konten produksi Netflix. Saat kami ingin nonton tayangan atau film yang hanya tersedia untuk beberapa negara, kami mendapat pesan error. Layanannya mengklaim bahwa kami sedang menggunakan proxy dan maka dari itu dilarang mendapat akses.

Atlas VPN dan torrent

Atlas VPN mengizinkan traffic P2P dan akan menjaga keamanan Anda selama file-sharing. Anda bisa melakukan torrenting secara anonim sengan kecepatan yang cukup bagus saat menggunakan server Atlas VPN. Atlas VPN menegaskan bahwa penggunaan P2P harus dilakukan secara bertanggung jawab.

IP khusus

Atlas VPN saat ini tidak menawarkan alamat IP khusus. Jika ingin informasi lebih lanjut tentang alamat IP khusus atau cara menggunakannya, Anda bisa baca artikel ini.

Tracker blocker

Aplikasi mobile Atlas VPN punya sebuah Tracker Blocker. Ini merupakan fitur yang menghentikan pihak lain supaya tidak bisa mengumpulkan data tentang aktivitas online Anda. Tracker Blocker bisa dinyalakan di bagian “Assistant” pada aplikasi Android atau iOS.

Split tunneling

Split tunneling adalah fitur lain milik Atlas VPN yang hanya tersedia untu mobile. Dengan split tunneling, Anda bisa mengarahkan sebagian traffic internet Anda melalui terowongan VPN yang terenkripsi sedangkan traffic sisanya diarahkan ke jalur di luar VPN. Ini khususnya berguna saat Anda ingin mengakses konten local tanpa memutuskan koneksi VPN atau saat Anda kesulitan menggunakan aplikasi tertentu saat VPN dinyalakan.

Anda bisa menyalakan fitur ini dari bagian “Settings” di aplikasi mobile. Di sini, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang bisa mengakses internet secara reguler melalui ISP Anda. Sisa data Anda akan lanjut dilindungi oleh VPN. Semoga fitur ini juga bisa ditambahkan ke aplikasi desktop Atlas VPN.


Pengalaman Kami Dengan Atlas VPN

Atlas VPN adalah VPN yang relatif baru di pasar dan menawarkan VPN gratis yang bagus serta layanan VPN premium yang terjangkau. Kami puas dengan kecepatan dan keamanan yang ditawarkannya tapi kami menemukan sedikit isu teknis yang sebaiknya ditangani. Contohnya, aplikasi Windows mereka diblokir oleh perangkat lunak antivirus kami. Layanan pelanggan mereka tidak bisa membantu kami terkait isu ini.

Meskipun begitu, aplikasi macOS dan mobile bekerja secara baik dalam membuka blokir layanan streaming dan browsing internet secara aman. Kami juga menghargai kebijakannya untuk tidak menyimpan log informasi sensitif seperti alamat IP dan aktivitas browsing. Dengan kata lain, Anda bisa mempercayai layanan ini untuk melindungi privasi Anda. Mohon diingat bahwa Atlas VPN mengumpulkan informasi seperti pengenal perangkat untuk membantu meningkatkan layanannya.

Tentunya, versi gratis Atlas VPN cukup terbatas, tapi hal ini juga berlaku untuk semua layanan VPN gratis. Kami sarankan Anda untuk mencoba versi premiumnya karena sangat terjangkau dengan harga beberapa dolar saja per bulan untuk paket langganan tiga tahun. Anda juga bisa memanfaatkan penawaran garansi uang kembali 30 hari untuk mendapat refund jika Anda tidak puas.

Sebaliknya, jika Anda penasaran dengan pesaing Atlas VPN, kami juga sudah menguji VPN-VPN unggulan yang benar-benar gratis. Atlas VPN bukan pilihan top kami. Anda juga bisa mencoba:

  • PrivadoVPN: VPN gratis terbaik pilihan kami untuk pengguna Windows dan Mac
  • Proton VPN: VPN gratis dengan data tak terbatas
  • TunnelBear: Banyak server untuk dipilih

Saat ini, Atlas VPN adalah VPN gratis favorit kami di peringkat kelima. Bisakah layanan ini naik peringkat dan mengalahkan pesaingnya? Kami harap Atlas VPN bisa meningkatkan layanannya dan menangani isu-isunya, seperti masalah yang kami temukan saat ingin memasang perangkat lunaknya di Windows serta masalah dengan tombol mati daya mereka.

Ulasan Atlas VPN: FAQ

Punya pertanyaan tentang Atlas VPN? Kami punya jawabannya pada bagian FAQ di bawah ini. Silahkan klik pertanyaannya.

Apakah Atlas VPN bagus?

Atlas VPN adalah penyedia VPN versi gratis dan premium yang relatif baru. Baik versi gratis maupun premium layanan ini cukup bagus, dengan kecepatan dan keamanan yang cukup baik serta tidak mengumpulkan log. Versi gratisnya punya fitur-fitur yang terbatas, tapi versi premiumnya membuka blokir Netflix dan layanan lain. Baca selengkapnya di ulasan Atlas VPN kami.

Apakah Atlas VPN benar-benar gratis?

Ya, Atlas VPN menawarkan VPN yang sepenuhnya gratis dan memberi Anda akses ke server-server di Singapura, Belanda, dan Amerika Serikat. Layanannya cepat dan aman, tapi tidak bisa membuka blokir Netflix atau layanan streaming lain. Lebih baik memilih versi Premium mereka, yang sangat terjangkau dengan harga $1,71 per bulan untuk paket dua tahun (dengan bonus 3 bulan).

Apakah Atlas VPN terpercaya?

Atlas VPN cukup terpercaya karena tidak mengumpulkan informasi pribadi pengguna yang bisa dikenali seperti alamat IP atau aktivitas browsing. Layanannya hanya mengumpulkan pengenal perangkat yang diklaim akan mereka gunakan untuk meningkatkan layanannya. Mereka juga punya fitur-fitur keamanan yang cukup dan dimiliki oleh Nord Security, yang juga memiliki penyedia VPN unggulan lain yaitu NordVPN dan Surfshark.

Apakah Atlas VPN lebih bagus dibanding NordVPN?

Atlas VPN dan NordVPN dimiliki oleh perusahaan induk yang sama, Nord Security. Atlas VPN lebih murah dan punya versi yang sepenuhnya gratis juga, sedangkan NordVPN tidak punya. Namun, NordVPN menawarkan kecepatan yang lebih bagus dan fitur-fitur yang lebih banyak, sehingga menjadikannya pilihan yang lebih superior. Baca lebih lanjut dalam ulasan lengkap NordVPN kami.

Opini Pribadi Ahli VPNOverview

“VPN versi gratis dan premium baru yang pelan-pelan berkembang dan punya beberapa opsi bagus seperti Netflix dan Multi-Hop, tapi juga punya beberapa isu teknis.”
7,3
Chris Bluvshtein
Chris Bluvshtein
Jurnalis Keamanan Cyber
“Atlas VPN adalah pesaing yang kuat, dengan kecepatan yang bagus dan pilihan server yang luas. Tapi layaknya sebagian besar VPN, Anda akan mendapat fitur-fitur yang terbatas saat menggunakan versi gratis. Meskipun begitu, Atlas VPN tidak menyimpan log, tidak mengalami kebocoran, dan secara keseluruhan merupakan pilihan alternatif yang bagus untuk VPN terbaik seperti NordVPN.”
Tinggalkan komentar