Giant router next to a VPN-shield, a trophy and a woman using a laptop
Klik di sini untuk lihat rangkuman artikel!
Rangkuman: Router VPN Terbaik

Saat memasang VPN pada router Anda, semua perangkat yang terhubung ke jaringan router tersebut secara otomatis akan dilindungi oleh VPN. Ini yang menjadikan VPN router sangat berguna, karena Anda dapat melindungi data online seluruh keluarga Anda dengan satu langkah sederhana.

Sekarang ada beberapa VPN yang tersedia di pasar. Menurut kami, berikut ini merupakan VPN router terbaik secara keseluruhan yang bisa Anda dapatkan hari ini:

  1. ASUS RT-AX86U: VPN router terbaik secara keseluruhan
  2. Linksys WRT-3200 ACM: VPN router terbaik dengan perangkat lunak open source
  3. TP-Link Archer X21: VPN router terbaik dengan harga rendah
  4. Synology RT-2600AC: VPN router tingkat menengah terbaik
  5. Netgear Nighthawk X10: VPN router terbaik untuk kecepatan super
  6. TP-Link AC5400: VPN router terbaik untuk gamer
  7. ASUS RT-AC5300: VPN router open source terbaik untuk gaming

Setiap router ini langsung bisa mendukung koneksi VPN. Namun, Anda perlu melakukan konfigurasi secara manual. Jika Anda tidak yakin akan hal ini, Anda bisa mendapat router yang tersedia bersama NordVPN, sebuah penyedia yang sudah kami uji. NordVPN adalah VPN unggulan kami dan Flash Routers menyediakan router pre-flashed (router yang sudah dikonfigurasi) versi NordVPN yang luar biasa.

Baca lanjutan artikel ini untuk tahu lebih banyak tentang fitur-fitur unik dari setiap router!

Jaman sekarang, sebagian besar rumah dan perusahaan punya beberapa perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama. Satu cara untuk mengenkripsi dan menganonimkan data pada semua perangkat adalah dengan memasang aplikasi VPN di setiap perangkatnya. Namun, mungkin ini rumit.

Sebaliknya, VPN router mengenkripsi semua data yang melalui jaringan Anda. Dengan kata lain, alat tersebut mengamankan koneksi pada semua perangkat tanpa perlu memasang VPN di setiap perangkat.

Mengingat banyaknya jumlah opsi router, mungkin sulit untuk menentukan pilihan yang terbaik bagi kebutuhan Anda. Dalam artikel ini, kami membahas Router VPN terbaik dengan beragam penawaran harga untuk kasus penggunaan yang berbeda-beda. Beberapa VPN router pre-flashed (router yang sudah dikonfigurasi) yang bekerja dengan NordVPN juga dibahas.

Router VPN Terbaik: Perbandingan Singkat

Saat membuat daftar router VPN terbaik ini, kami mempertimbangkan kecepatan yang mereka tawarkan, harganya, port koneksinya, dan kemudahannya dalam memasang penyedia VPN. Kami juga pastikan untuk membahas router dengan beragam penawaran harga, mulai dari router yang terjangkau sampai dengan mesin premium yang mahal.

Cek tabel di bawah ini untuk melihat rangkuman singkat lima VPN router terbaik. Lanjut baca di bawah ini untuk melihat daftar lengkap router rekomendasi kami, serta ulasan mendalam tentang masing-masing produk.

Router VPNASUS RT-AX86ULinksys WRT-3200 ACMTP-Link Archer X21Synology RT 2600 ACNetgear Nighthawk X10
Kecepatan Transfer Data5700 Mbps3200 Mbps1800 Mbps2500 Mbps7200 Mbps
Jumlah Port74557
Kekuatan Processing1,8 GHz1,8 GHz1,7 GHz1,7 GHz1,7 GHz
Standar Koneksi WiFi802.11a/b/n/ac/ax802.11 ac802.11a/b/g/n/ac/ax802.11a/b/g/n/ac802.11 ac/ad
Harga$269,99$298$99$199,99$285
Tempat MembeliLihat di AmazonLihat di AmazonLihat di AmazonLihat di AmazonLihat di Amazon

Setiap router ini luar biasa, namun mereka cocok untuk tujuan yang berbeda-beda. Kami mendalami setiap router dan membahasnya di bawah ini. Tapi sebelum itu, penting untuk memahami jenis-jenis VPN router yang tersedia di pasar.

Dua Jenis Router VPN

Icon vpn router dikonfigurasi dan icon vpn router tanpa konfigurasi

Sebelum menekan tombol beli, perlu diketahui bahwa ada dua jenis router. Ini seharusnya membantu Anda dalam menentukan pilihan. Secara umum ada dua jenis router VPN: pre-flashed dan unflashed.

Router pre-flashed

Router pre-flashed (router yang sudah dikonfigurasi) tersedia bersama VPN yang sudah dipasang. Jenis router ini ditujukan bagi orang-orang yang sudah tahu VPN mana yang ingin mereka gunakan dan tidak ingin melalui proses pemasangan router. Kami nanti akan membahas router pre-flashed terbaik untuk NordVPN dalam artikel ini.

Router unflashed

Di sisi lain, router unflashed (router yang tidak dikonfigurasi) mewajibkan Anda untuk menggunakan aplikasi atau web GUI router untuk mengaktifkan koneksi VPN Anda. Ini artinya Anda bisa beralih antar penyedia VPN jika masih belum yakin penyedia mana yang akan digunakan.

Namun, mohon diingat bahwa dalam beberapa kasus, firmware original router mungkin tidak mendukung koneksi VPN pilihan Anda. Mungkin juga firmware original tersebut hanya mendukung jenis protokol VPN tertentu (seperti OpenVPN atau IPSec).

Jika ingin menggunakan client atau protokol VPN yang tidak didukung pada router unflashed, Anda perlu mengganti stock firmware dengan firmware router yang bersifat open source seperti DD-WRT dan Tomato. Proses ini dikenal sebagai “flashing.” Kami akan menjelaskan tahap-tahap untuk memasang DD-WRT pada router Anda dalam artikel ini.

Daftar Definitif VPN Router Terbaik

Icon piala emas di samping icon koneksi VPN

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kami mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti kecepatan dan konektivitas, saat memilih router VPN terbaik. Kami juga mencoba untuk mencakup beragam brand, termasuk yang paling terkenal seperti ASUS dan yang kurang terkenal seperti Synology. Untuk setiap router, kami telah menyediakan gambaran luas akan rancangan, proses pemasangan, dan, tentunya, performanya.

Mohon diingat bahwa beberapa router terkini tidak mendukung DD-WRT dan Anda akan dibatasi pada opsi-opsi VPN yang disediakan oleh pembuat router. Pastikan untuk melakukan riset sebelum membeli router unflashed.

1. ASUS RT-AX86U: VPN Router terbaik secara keseluruhan

ProKontra
Mendukung WiFi 6Tidak ada wall mounting
Add-on gaming yang berguna
Aplikasi dan interface ASUS yang bagus
Asus RT-AC88U VPN router

Spesifikasi:

  • Brand: ASUS
  • Kecepatan Transfer Data: 5700 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,8 Ghz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11n, 802.11b, 802.11ax, 802.11a, 802.11ac
  • Tegangan: 19 Volt

Jika Anda sedang mencari router yang cepat, kuat, dan berisi beberapa fitur tambahan yang berguna, tidak perlu mencari lagi karena ada ASUS RT-AX86U. Diluncurkan pada tahun 2021, router ini memiliki standar WiFi terkini, yaitu WiFi 6 atau 802.11ax. Ini berarti koneksi WiFi mereka lebih efisien dan cepat dibanding pesaingnya. Tentunya, Anda membutuhkan perangkat yang cocok dengan WiFi 6 untuk mendapat pengalaman perangkat paling cepat, tapi performanya tetap bagus bahkan pada perangkat non-WiFi 6.

Router ini dibuat dengan baik dan tampilannya secara keseluruhan bagus. Aksen merah menambah kesan yang baik terhadap rancangan keseluruhannya dan menjadikan produk ini terlihat seperti router gaming. Alat ini punya beberapa fitur yang akan disenangi gamer, termasuk port khusus gaming dan optimisasi untuk GeForce Now Nvidia.

Aplikasi router ASUS membantu halusnya kerja router. Anda dengan mudah dapat mengoptimalkan router sesuai kebutuhan Anda melalui aplikasi ini. Alatnya juga punya fitur bernama Instant Guard, yang memungkinkan Anda untuk memasang server dan client VPN menggunakan router Anda. Alat ini menggunakan protokol VPN IPSec dan enkripsi AES-256 bit, standar ini termasuk tinggi. Routernya juga memiliki pengaturan layanan dengan kualitas parental control, dan port USB 3.0, yang membantu meningkatkan fungsinya.

Mohon dicatat bahwa dukungan DD-WRT dan Tomato untuk router WiFi 6 itu terbatas. Ini artinya Anda tidak akan bisa melakukan penyesuaian firmware pada router-router tersebut. Namun, AX86U punya ASUSWRT-Merlin, sebuah firmware tingkat tinggi yang mendukung beragam koneksi VPN. Anda juga bisa mendapatkan versi pre-flashed router ini dengan NordVPN dari FlashRouters seharga $425.


2. Linksys WRT-3200 ACM: VPN router terbaik dengan perangkat lunak open source

ProKontra
Mendukung DD-WRTModel 2018
Rancangannya bagusTidak mendukung WiFi 6
Asus ROG Rapture GT-AC5300 VPN router

Spesifikasi:

  • Brand: Linksys
  • Kecepatan Transfer Data: 3200 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,8 GHz
  • Frekuensi: 2,4 GHz dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11ac
  • Tegangan: 12 Volt

Linksys WRT-3200 ACM adalah router kelas atas yang mendukung DD-WRT. Alhasil, Anda bisa sepenuhnya mengubah pengaturan firmware dan meningkatkan kemampuan perangkat sesuai keinginan Anda. Meskipun alat ini langsung menawarkan kecepatan sampai dengan 3200 Mbps, kecepatan tersebut bisa ditingkatkan setelah dilakukan flashing (konfigurasi) terhadap firmware khusus. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, router ini punya rancangan cukup keren yang akan menonjol di rumah atau kantor.

Fitur menarik lainnya adalah router ini dual-band dengan teknologi Tri-stream 160. Ini artinya router mendukung dua saluran bandwidth 160 Mhz pada 5 GHz band, mencegah tersumbatnya perangkat dengan saluran bandwidth 5GHz. Namun, ini berbeda dari teknologi tri-band yang dimiliki beberapa router dalam daftar ini, karena ada dua 5 GHz band yang berbeda.

Namun, ada beberapa kekurangan dari WRT-3200 ACM. Perangkatnya keluaran 2018 dan tidak mendukung WiFi 6. Dengan semakin banyaknya perangkat WiFi 6 yang tersedia, router ini mungkin tidak berguna lagi dalam beberapa tahun mendatang.


ProKontra
Ramah kantongVPN tidak bisa dipasang dari aplikasi TP-Link
Mendukung WiFi 6Tidak ada parental control
Rancangannya sederhana tapi efektif
Linksys WRT3200ACM VPN router

Spesifikasi:

  • Brand: TP-Link
  • Kecepatan Transfer Data: 1800 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,7 GHz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11 g, 802.11n, 802.11b, 802.11ax, 802.11a, 802.11ac
  • Tegangan: 12 Volt

Jika Anda ingin router VPN yang bagus dan harganya di bawah $100, maka Archer X21 mungkin pilihan terbaik Anda. Sebagai router yang mendukung WiFi 6 dan berasal dari TP-Link, Archer X21 punya performa yang kuat dan tampilannya bagus nan mulus. Berbeda dari router TP-Link sebelumnya dalam daftar ini, X21 tidak rentan overheating, berkat kaki silikon tambahan mereka.

Untuk urusan performa, Archer X21 memberikan kecepatan sampai dengan 1200 Mbps. Meskipun ini lebih lambat dibanding router lain dalam daftar ini, seharusnya kecepatan itu sudah lebih dari cukup untuk pengguna di rumah atau bahkan di kantor-kantor kecil. Aplikasi tether TP-Link cukup mudah digunakan, dan pemasangan routernya tidak butuh waktu lebih dari 10 menit untuk sebagian besar pengguna.

Namun, tidak ada cara untuk memasang server dan client VPN dari dalam aplikasi Tether. Anda harus menggunakan web GUI TP-Link, yang mendukung OpenVPN, PPTP, dan L2TP. Kekurangan lain router ini adalah tidak adanya opsi parental control yang cukup standar tersedia pada sebagian besar router lain. Secara keseluruhan, Archer X21 tetap merupakan pilihan yang luar biasa untuk harga yang ditawarkan.


4. Synology RT-2600 AC: VPN router tingkat menengah terbaik

ProKontra
Mendukung beberapa protokol VPNRancangan tidak menarik
Aplikasi dan web UI yang bagusBantuannya terbatas setelah pembelian
TP-Link Archer C2300 VPN router

Spesifikasi:

  • Brand: Synology
  • Kecepatan Transfer Data: 2500 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,7 GHz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11 g, 802.11n, 802.11b, 802.11a, 802.11ac
  • Tegangan: 12 Volt

Synology tidak seterkenal ASUS atau TP-Link. Tapi RT-2600AC mereka tentunya adalah salah satu VPN router terbaik yang berada dalam kisaran harga $150-$200. Meskipun produk ini tidak mendukung WiFi 6, mereka menawarkan kecepatan yang bagus, sampai dengan 2500 Mbps dalam kondisi ideal. Perangkatnya tidak kecil tapi juga tidak besar dan seharusnya muat ditempatkan di atas sebagian besar meja dan rak.

RT-2600 AC memiliki chipset Qualcomm 1,7 GHz yang memungkinkan router untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Router ini dilengkapi empat antena eksternal, yang bisa disesuaikan untuk memastikan koneksi yang optimal untuk semua perangkat. Aplikasi dan WebUI Synology dirancang dengan sangat baik dan berisi fitur-fitur bermanfaat, termasuk beragam opsi VPN (seperti OpenVPN, PPTP, SSETP, Synology SSL VPN, L2TP/IPSec, dan WebVPN).

Bantuan yang tersedia setelah pembelian RT-2600 AC mungkin terbatas di beberapa negara, mengingat Synology belum menjadi brand global. Rancangannya mungkin juga kurang menarik atau membosankan bagi beberapa pengguna.


5. Netgear Nighthawk X10: VPN router terbaik untuk kecepatan super

ProKontra
Mendukung 60GHz bandProses pemasangan bisa mengalami lag
Kecepatan superJangkauan koneksi terbatas
Asus ROG Rapture GT-AX11000 VPN router

Spesifikasi:

  • Brand: Netgear
  • Kecepatan Transfer Data: 7200 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,7 GHz
  • Frekuensi: 2,4, 5, dan 60 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11ac, 802.11 ad
  • Tegangan: 19 Volt

Bayangkan Anda ingin membeli router yang akan melayani Anda dengan baik untuk lima tahun ke depan. Nighthawk X10 oleh Netgear adalah pilihan yang bagus karena memiliki koneksi 60 GHz, serta 2,4 GHz dan 5 GHz yang juga biasa tersedia pada sebagian besar router lainnya.

Secara teori, Anda seharusnya mencapai kecepatan sekitar 7200 Mbps di antara tiga band tersebut. Meskipun kecepatan aslinya pasti akan lebih rendah, router ini kemungkinan pilihan paling cepat dalam daftar ini dan menjadi pilihan yang ideal untuk mengirim file besar dan streaming video 4K. Kehadiran tujuh port ethernet mereka berarti Anda bisa menghubungkan maksimal tujuh perangkat kabel untuk koneksi dan kecepatan transfer yang lebih cepat.

Layanan VPN bisa disesuaikan pengaturannya pada Nighthawk menggunakan aplikasi Netgear Genie atau dengan mengunjungi Web GUI mereka. Meskipun begitu, proses pemasangannya di awal mungkin akan mengalami lag. Lebih dari itu, jangkauan koneksi Nighthawk patut dipertanyakan, karena ada penurunan kecepatan yang signifikan seiring meningkatnya jarak.


ProKontra
Router tri-bandUkurannya besar
Sembilan port untuk konektivitas yang tersalur lebih baikTidak mendukung WiFi 6
Performanya konsisten pada beragam jarak
Asus ROG Rapture GT-AX11000 VPN router

Spesifikasi:

  • Brand: TP-Link
  • Kecepatan Transfer Data: 5500 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,8 GHz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11ac, 802.11 n
  • Tegangan: 19 Volt

Saat melihat TP-Link AC5400 Anda bisa tahu kalau produk tersebut dirancang untuk gamer. Router ini mendapat tempat dalam daftar router VPN terbaik kami karena keamanan dan performanya yang luar biasa. Seperti layaknya router lain dalam daftar ini, router ini punya processor 1,8 GHz yang kuat dan bisa menangani sebagian besar tugas dengan mudah.

Produk ini juga merupakan router tri-band dengan dua saluran khusus 5 GHz. Alhasil, Anda bisa menghubungkan beberapa perangkat ke saluran 5GHz yang lebih cepat tanpa menyumbat jaringan. AC5400 juga punya kecepatan yang luar biasa, bahkan dari jarak 100 kaki. Ini menjadikannya cocok digunakan di rumah atau kantor besar.

Aspek unik dari router ini adalah fokusnya terhadap keamanan, dengan alat penyaring konten berbahaya dan sistem pencegah gangguan. Sembilan port konektivitas dan USB 3.0 menjamin bahwa Anda bisa menyambungkan router ini ke banyak perangkat menggunakan kabel ethernet untuk kecepatan tinggi.

Mengingat ini router TP-Link, AC5400 menggunakan aplikasi Tether yang sama seperti Archer X21. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, tampaknya koneksi VPN tidak bisa dipasang dari dalam aplikasi dan Anda perlu menggunakan web interface. Tentu TP-Link mendukung protokol-protokol VPN besar, seperti OpenVPN dan PPTP.

Meskipun router ini terlihat keren, ukurannya besar dan memakan tempat. Selain itu, antenanya tidak bisa disesuaikan dan Anda perlu menyiapkan ruang yang cukup besar di rumah Anda untuk menampung perangkat ini. Tapi jika Anda tidak punya terlalu banyak perangkat WiFi 6, perangkat ini mungkin pilihan terbaik bagi Anda.


7. ASUS RT-AC5300: VPN router open source terbaik untuk gaming

ProKontra
Mendukung DD-WRTUkurannya besar
Dioptimalkan untuk gaming dan streaming 4KTidak mendukung WiFi 6
Router tri-bandMahal
Asus ROG Rapture GT-AX11000 VPN router

Spesifikasi:

  • Brand: ASUS
  • Kecepatan Transfer Data: 5300 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,4 GHz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5GHz
  • Tipe Wireless: 802.11ac
  • Tegangan: 19 Volt

ASUS RT-AC5300 adalah router lain yang dirancang secara spesifik untuk gamer. Rancangannya, cukup mirip dengan TP-Link AC5400, akan menarik bagi gamer karena aksen merahnya dan jumlah antenanya (8 antena!), dan pengaturan layanan one-click quality. Tentunya, perangkat ini cukup besar, dan seperti router sebelumnya dalam daftar ini, Anda perlu menyiapkan ruangan yang besar untuk produk ini.

AC5300 adalah router tri-band, dengan satu 2,4 GHz band dan dua 5 GHz band. Anda seharusnya mendapat kecepatan tinggi pada semua band tersebut terlepas dari jumlah perangkat yang terhubung. 5300 Mbps adalah kecepatan maksimal teoritis yang bisa disediakan oleh router ini, namun Anda mungkin hanya perlu kecepatan 1000 Mbps pada sebagian besar perangkat.

Router ini bekerja pada firmware ASUSWRT, yang berisi semua fitur-fitur dasar dan beberapa fungsi canggih juga. Salah satu fungsinya adalah, tentunya, VPN. Berbeda dari router ASUS lain dalam daftar ini, RT-AC5300 mendukung DD-WRT. Alhasil, Anda bisa melakukan konfigurasi dan mengaktifkan client VPN pilihan Anda pada router.

Meskipun harga RT-AC5300 mahal ($369 di Amazon), mereka kekurangan fitur penting. Contohnya, mereka tidak mendukung WiFi 6 atau saluran 60GHz. Selain itu, ukuran dan rancangannya tidak menarik bagi non-gamer.


Pilihan Terbaik untuk Router VPN yang Dikonfigurasi

Jika ingin menghindari proses pemasangan VPN menggunakan aplikasi atau web interface router, Anda bisa membeli router pre-flashed (router yang sudah dikonfigurasi). Router ini sudah disertai penyedia VPN ternama, lihat contohnya seperti NordVPN, yang sudah terpasang. Anda hanya perlu menyalakan perangkat dan mengisi informasi paket langganan Anda.

NordVPN adalah VPN yang kami berikan nilai paling tinggi. Layanannya menawarkan kecepatan yang luar biasa, jaringan server yang luas, dan fitur-fitur keamanan canggih, seperti tombol mati daya dan VPN ganda. Sayangnya, layanan VPN ini tidak menyediakan router pre-flashed, seperti beberapa pesaing lain. Sebaliknya, Anda bisa membeli router pre-flashed dengan NordVPN yang sudah terpasang dari situs-situs seperti FlashRouters.

NordVPN
Pilihan kita
Penawaran Promo Natal: hanya $2,99 per bulan untuk program langganan 2 tahun (+ 3 bulan gratis) dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$ 2,99
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Mengunjungi NordVPN

Anda juga bisa mendapat masa coba gratis dengan NordVPN melalui penawaran garansi uang kembali 30 hari. Mari kita lihat VPN router terbaik dengan NordVPN yang sudah dikonfigurasi.

1. ASUS RT-AX86U dengan NordVPN

Spesifikasi:

  • Brand: ASUS
  • Kecepatan Transfer Data: 5700 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,8 GHz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11n, 802.11b, 802.11ax, 802.11a, 802.11ac
  • Tegangan: 19 Volt

Router pre-flashed terbaik pilihan kami juga router terbaik secara keseluruhan. ASUS RT-AX86U bisa dibeli pre-flashed dengan NordVPN jika Anda membelinya dari Flash Routers. Paket langganannya mencakup satu tahun gratis layanan NordVPN. Produk ini adalah salah satu dari sedikit router pre-flashed WiFi yang tersedia di pasar saat artikel ini ditulis.

Seperti yang disebutkan sebelumnya dalam artikel ini, RT-AX86U dikenal karena port khusus gaming mereka, optimisasi Nvidia GeForce, dan fitur Instant Guard (yang memungkinkan Anda untuk memasang server VPN menggunakan router Anda). Anda bisa mengamankan koneksi Anda dengan IPSec dan enkripsi AES-256 tingkat militer. Dengan harga $425, produk ini adalah salah satu penawaran terbaik yang bisa Anda temukan pada router pre-flashed.


2. ASUS RT-AX68U dengan NordVPN

Spesifikasi:

  • Brand: ASUS
  • Kecepatan Transfer Data: 2700 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1,8 GHz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11ax
  • Tegangan: 19 Volt

Berbeda dari router VPN unggulan kami (AX86U), Asus AX68U bisa dibeli sebagai unit pre-flashed dari Flash Routers. Model ini kualitasnya sedikit lebih rendah dibanding RT-X86U. Namun, router ini tetap fantastis secara keseluruhan dan disertai dengan NordVPN yang sudah terpasang.

Router ini mendukung WiFi 6 dan bekerja secara baik dengan beragam saluran bandwidth. Kecepatan maksimal mereka yang dipasarkan adalah 2700 Mbps, bahkan setengah dari jumlah tersebut sudah cukup untuk sebagian besar aktivitas yang berbasis internet. Namun, jika Anda tidak punya perangkat WiFi 6 apa pun, maka mungkin lebih baik melihat model ASUS yang lebih murah seperti RT-AX86U. Tapi mohon diingat bahwa versi pre-flashed mereka lebih mahal dibanding router normal, dengan harga $224,99.


3. Netgear R6400 dengan NordVPN

Spesifikasi:

  • Brand: Netgear
  • Kecepatan Transfer Data: 1000 Mbps
  • Kekuatan Processing: 1 GHz
  • Frekuensi: 2,4 dan 5 GHz
  • Tipe Wireless: 802.11ac
  • Tegangan: 12 Volt

Router lain yang juga pre-flashed dengan NordVPN adalah Netgear R6400. Lebih murah dibanding dua model yang disebutkan di atas tapi tetap menawarkan kecepatan yang bagus dan jangkauan yang memukau. Meskipun produk ini tidak punya kemampuan WiFi 6, kecepatannya pada bandwidth 2,4 GHz dan 5GHz sudah lebih dari cukup untuk streaming dan gaming pada sebagian besar perangkat.

Rancangannya sedikit membosankan dan tidak ada akses atau trim keren seperti beberapa router dalam daftar ini. Router ini juga kurang fitur-fitur canggih, seperti MU-MIMO, yang berguna untuk membagi bandwidth ke beberapa perangkat yang terhubung.


Bagaimana Cara Saya Memasang VPN di Router?

Icon router perisai VPN dan koneksi VPN

Proses pemasangan VPN pada router Anda akan berbeda berdasarkan brand dan firmware. Bagi sebagian besar router dalam daftar kami, Anda seharusnya bisa memasang VPN menggunakan aplikasi router atau web interface mereka. Panduan tentang cara melakukannya untuk setiap brand juga tersedia di internet.

Perlindungan VPN yang ditawarkan oleh router dalam daftar ini seharusnya cukup bagi sebagian besar orang. Tapi jika Anda ingin memasang VPN pilihan Anda, Anda harus mengkonfigurasi router Anda. Ini artinya Anda akan mengganti perangkat lunak sistem operasi yang sudah ada pada flash memory router. Namun, Anda harus mengikuti instruksi yang tepat karena ada kemungkinan kecil router akan rusak jika Anda melakukan kesalahan.

Cara mengkonfigurasi router Anda: Panduan lengkap

Tidak tahu cara mengkonfigurasi router? Kami telah menyederhanakan penjelasannya untuk Anda. Langsung ikuti panduan lengkap untuk mengkonfigurasi router di bawah ini. Panduannya memastikan bahwa semua perangkat Anda yang terhubung akan secara otomatis menggunakan koneksi VPN:

  • Temukan router Anda di database router DD-WRT (di halaman ini) dan unduh file .bin. Mohon dicatat bahwa sebagian besar router WiFi 6 saat ini tidak mendukung DD-WRT atau Tomato, yang merupakan firmware open source unggulan untuk router.
  • Pasang firmware baru dengan memeriksa instruksi spesifik pada halaman DD-WRT ini. Jika router Anda tidak terdaftar, langsung cari router Google router Anda dengan tambahan kata kunci “DD-WRT”.

Cara paling mudah untuk mengubah firmware adalah dengan menggunakan Web GUI router Anda. Berikut caranya:

  1. Reset router Anda (via tombol pada router Anda).
  2. Gunakan alamat IP perangkat Anda untuk mengakses web GUI. Untuk menemukan alamat IP pada perangkat Windows, tekan Windows Key + X untuk menampilkan menu Power User.
  3. Pilih Command Prompt dari menu yang sama.
  4. Ketik “ipconfig” pada Command Prompt dan tekan enter. Seharusnya alamat IP akan ditampilkan.
  5. Salin alamat IP Anda dan tempatkan pada bar URL browser Anda dengan tambahan HTTPS sebagai prefix. Ini dilakukan untuk memuat sistem manajemen firmware.
  6. Log in menggunakan informasi yang disediakan untuk router Anda. Biasanya informasi ini terdaftar pada box atau pada perangkatnya sendiri.
  7. Cek sistem manajemen untuk tahu di mana Anda bisa konfigurasi firmware baru.
  8. Konfigurasi firmware. Mohon diingat: proses ini sebaiknya tidak diinterupsi, atau router Anda mungkin akan rusak permanen. Maka, masuk akal untuk menggunakan koneksi kabel.
  9. Reset router Anda.

Selesai – Anda sudah bisa menggunakannya!

Saya sudah punya modem Wi-Fi. Apa saya tetap bisa menggunakan VPN Router?

Kemungkinannya adalah Anda telah mendapatkan modem Wi-Fi dari penyedia layanan internet (ISP) Anda. Jika ingin tetap menghubungkan perangkat Anda ke router VPN, Anda harus membayarnya secara terpisah dan menghubungkannya ke modem Wi-Fi dari ISP Anda. Cara terbaiknya adalah dengan menghubungkan router VPN Anda ke modem Wi-Fi menggunakan kabel. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mencapai kecepatan tertinggi.

Selain itu, Anda perlu memasang modem Wi-Fi Anda ke “bridge mode.” Hal ini menjamin bahwa modem Wi-Fi Anda hanya akan mengirim internet ke router berikutnya dan tidak bekerja sebagai router. Dengan melakukan ini, Anda bisa terhubung ke VPN router dengan modem Wi-Fi standar dari penyedia internet Anda.

Apa yang Sebaiknya Saya Cari Dalam Router VPN?

Terdapat beberapa hal penting untuk diingat saat memilih router VPN mana yang terbaik. Selain faktor-faktor umum, seperti kecepatan, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Icon lima faktor untuk pertimbangan saat memilih vpn router
  • Proses pemasangan yang mudah: Saat menyusun daftar VPN router terbaik ini, kami khususnya memperhatikan router dengan proses pemasangan yang mudah dan kegunaan VPN.
  • Beragam port jaringan dan konektivitas: Anda bisa memasang beragam port jaringan atau koneksi pada router. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan VPN pada beberapa jaringan, tapi tidak semua. Selain itu, ini artinya Anda bisa memasang server VPN yang berbeda-beda pada beragam port jaringan. Dengan begitu Anda bisa punya tunnel VPN lokal di satu port, dan tunnel VPN Amerika di port lain.
  • Harga yang sesuai: Biasanya, saat memilih router, kekuatan processing tidak terlalu penting. Namun, ini berbeda untuk VPN router. Mengingat VPN router harus mengenkripsi dan membuka enkripsi data Anda, layanannya harus bekerja lebih keras dibanding router biasa. Maka, kami juga mempertimbangkan kekuatan processing saat menyusun daftar VPN router terbaik ini.
  • Fitur-fitur canggih: Sebagian besar router sekarang merupakan mesin kompleks dengan beberapa konektivitas canggih dan fitur-fitur gaming. Mohon perhatikan istilah seperti MU-MIMO dan beamforming karena hal tersebut menunjukkan kemampuan router untuk menangani koneksi simultan.

Harga perangkat lunak VPN juga menjadi pertimbangan penting. Tidak semua penyedia VPN gratis. Untuk menggunakan fungsi VPN pada router, Anda perlu membeli paket langganan VPN, maka pastikan untuk memperhatikan hal ini saat membeli VPN router.

Pro dan Kontra dari VPN Router

Icon ibu jari background hijau dan merah

Meskipun VPN router tentunya membantu mengamankan aktivitas internet pada semua perangkat Anda, mereka juga bisa punya beberapa kekurangan. Kami membahasnya di bawah ini.

Keuntungan dari penggunaan VPN router

  • Tidak perlu memasang aplikasi VPN pada semua perangkat. Saat router Anda sudah terhubung ke VPN, Anda tidak perlu lagi memasang aplikasi VPN pada setiap perangkat Anda. Anggota keluarga dan tamu juga otomatis terhubung ke VPN tanpa perlu menyesuaikan perangkat mereka.
  • Gunakan VPN pada gaming console. Ingin menggunakan PS5 untuk nonton koleksi internasional Netflix? Sekarang sudah bisa. Meskipun tidak ada aplikasi VPN yang tersedia untuk gaming console, Anda bisa menggunakan router VPN.
  • Hemat biaya karena satu paket langganan VPN bisa melindungi beberapa perangkat. Sebagian besar paket langganan VPN membatasi jumlah perangkat yang dilindunginya. Dengan VPN router, Anda bisa mengamankan traffic internet Anda di semua perangkat hanya dengan satu paket langganan. Hal ini khususnya berguna jika Anda punya beberapa perangkat yang membutuhkan perlindungan VPN.

Kekurangan dari penggunaan VPN router

  • Router cenderung punya fitur dan pengaturan VPN yang terbatas. Jika Anda menggunakan VPN yang sudah disediakan bersama router Anda, kemungkinannya fitur-fitur canggih seperti multi-hop dan server khusus tidak akan tersedia. Pilihan lokasi servernya mungkin juga terbatas.
  • Kecepatan mungkin lebih lambat pada perangkat. Mengingat beberapa perangkat bekerja melalui satu server VPN yang sama, kemungkinannya adalah kecepatan keseluruhan Anda akan lebih lambat dibanding jika VPN dipasang pada setiap perangkat individu.
  • Pemasangan VPN pada router bisa jadi rumit. Pemasangan VPN pada router biasanya membutuhkan pengetahuan cara mengakses firmware router, hal ini mungkin sulit bagi beberapa pengguna. Namun, semakin banyak router sekarang yang sudah disertai aplikasi khusus untuk menyederhanakan proses pemasangan VPN. Tentunya, ini tetap tidak semudah penggunaan aplikasi VPN.

Memilih Router VPN Terbaik

Router VPN adalah solusi yang bagus untuk keamanan dan enkripsi di semua perangkat Anda. Anda tidak bisa salah memilih salah satu router di daftar kami. Jika anggaran Anda terbatas, router TP-Link Archer X-21 adalah pilihan terbaik Anda. Untuk para gamer, TP-Link AC5400 adalah pilihan yang tepat karena keunikan fitur dan pilihan konektivitasnya.

Namun, untuk router VPN terbaik, ASUS RT-AX86U jelas adalah pemenangnya secara keseluruhan. Router ini bahkan punya versi pre-flashed, yang memudahkan penggunaan VPN bagi pengguna yang tidak ingin melakukan konfigurasi VPN secara manual.

NordVPN adalah pilihan VPN kami untuk router pre-flashed. Layanan VPN ini melindungi aktivitas online Anda dan menawarkan kecepatan yang luar biasa, fitur keamanan yang kokoh, dan jaringan server yang luas di seluruh dunia. Selain router pre-flashed, NordVPN juga punya aplikasi privasi mobile untuk Android dan iOS dan cocok digunakan dengan Windows, Mac, Linux, dan perangkat lainnya.

Router VPN Terbaik: FAQ

Sedang mencari VPN router terbaik? Lihat FAQ kami di bawah ini untuk mendapat jawaban yang Anda butuhkan.

Apa router VPN terbaik?

Asus RT-AX86U, menurut kami, adalah router terbaik untuk VPN. Dengan tujuh port jaringan, kecepatan tinggi, perangkat VPN yang mudah dipasang, dan harga yang masuk akal, router ini memiliki performa yang luar biasa.

Ingin menggunakan router yang berbeda? Baca tentang beragam opsinya dalam VPN router top terbaik pilihan kami.

Apa router VPN terbaik denga firmware VPN yang sudah terpasang?

Ya, beberapa router sekarang disertai VPN. Contohnya, ASUS RT-AX86U dan AX68U punya Instant Guard, yang memungkinkan router Anda untuk berfungsi seperti server VPN.

Anda juga bisa membeli router yang disertai penyedia VPN pilihan Anda dari situs-situs seperti Flash Routers. Mereka menawarkan versi pre-flashed RT-AX86U dan RT-AX68U dengan NordVPN, penyedia VPN unggulan kami saat ini.

Bagaimana cara untuk mengkonfigurasi router Anda?

Jika Anda penasaran cara mengkonfigurasi router, caranya sederhana.

  1. Pertama, cari router Anda di database DD-WRT router dan unduh file .bin routernya.
  2. Cek instruksi spesifiknya untuk tahu cara memasang firmware baru.
  3. Sesuaikan firmware via Web-GUI. Kami sarankan Anda untuk membaca manual lengkap kami untuk mendapat penjelasan lengkap cara melakukannya.
Bagaimana cara VPN bekerja di router?

Saat Anda memasang koneksi VPN pada router, semua traffic data yang melalui router secara otomatis akan dilindungi dan dianonimkan. Tidak perlu memasang VPN pada semua perangkat Anda secara terpisah. Traffic online Anda akan terenkripsi, sehingga tidak ada yang dapat melihat aktivitas online Anda.

Mengapa Anda sebaiknya menggunakan VPN pada router?

VPN router memastikan bahwa semua perangkat pada jaringan lokal Anda terhubung secara aman. Jika beberapa perangkat menggunakan jaringan lokal, mereka secara otomatis terlindungi. Hal ini menghemat waktu dibanding saat memasang aplikasi VPN pada masing-masing perangkat.

Tinggalkan komentar